The New SMKN 1 Surabaya - Dear Life, Affection, Hate and all ever happen...

Thursday, August 15, 2013

The New SMKN 1 Surabaya

With Juli, di depan SMKN 1 Surabaya
What's new? Kenapa aku bilang baru?
Well.. everything's change since the last I came to this school..

FYI, aku pernah berada di SMKN 1 Surabaya selama 4 bulan di tahun 2006, dimulai bulan Juli sampai Oktober 2006.
Disitulah pertama kalinya aku praktek yang namanya mengajar.. iya, pertama kalinya mengajar dan mengajar anak SMK. Rasanya sesuatu banget, waktu itu aku masih 20.

Ketika kesini lagi, tentunya ada beberapa orang yang masih kuingat dan juga mengingatku. Rasanya seperti reuni.. It's been 7 years.. Semuanya berubah.. Yang dulu masih single, sudah berbuntut 1, 2, dan ada juga yang malah keluar dari SMKN 1.. karena tuntutan keluarga dan ada satu lagi memilih ber wirausaha..

Kali ini, dalam rangkaian tugas belajar di PPGT SMK Kolaboratif, kerjasama antara DIKTI - UNESA dan PENS ITS sebagai pelaksananya, kita harus PPL (Praktek Pengajar Lapangan) dan aku kebagian di SMKN 1 Surabaya. Seperti reuni bener deh.. Ada positif negatifnya aku kembali lagi kesini.. eh tapi aku ambil positifnya aja sih..
Sebagian kita yang PPL, dari kiri Firman, Rinda, Vian, Aku, Juli, Indah, Fahmi.

Karena menurut aku, SMKN 1 Surabaya masih the best school for SMK di Surabaya. Jadi pasti akan banyak dan lebih banyak lagi hal yang bisa aku pelajari dan aku ambil di sini. Sementara negatifnya buat aku sendiri sih, karena di Surabaya ini aku nggak bisa ngrasain sekolah lain selain SMKN 1 Surabaya..┼┼ee┼┼ee.. ┼┼ee┼┼eeb

Dan SMKN 1 Surabaya masih free SPP lho.. semua sekolah negeri di Surabaya dari SD sampai SMA/SMK mendapat biaya dari pemkot Surabaya. Jadi tinggal bayar uang seragam dan kebutuhan pribadi lainnya aja. Keren banget kan! Coba di Malang kaya gitu.. hu hu.. -.-

Kegiatan PPL kami dimulai ketika masa peralihan tahun ajaran. Jadi pada bulan Juni kita diserahkan, dan kita masih belum ada kegiatan efektif sampai akhir Juni ketika kita diperbantukan untuk kegiatan PPDB Online sekaligus entry data daftar ulangnya.
Narsis waktu membantu terima tamu rapat pertemuan wali murid baru.
Satu hal yang aku suka dari sekolah yang sudah ISO ini adalah, kekeluargaannya sangat baik. Dengan orang-orang baru seperti PPL pun mereka welcome. Hal positif lainnya, ketika tidak ada yang bisa kami kerjakan, jadwal menjadi cukup flexibel dan bisa pulang. Memang secara logis kalau tidak ada yang bisa dikerjakan ya ngapain dong kita masuk? Cuma nampang? Seperti sekolah sebelah? Kan nggak efektif dan produktif banget. Sementara ada banyak hal lain yang bisa aku kerjakan di Malang. :)

Suasana lapangan upacara SMKN 1 Surabaya untuk apel MOS
Sampai pada awal-awal pembelajaran setelah Masa Orientasi Siswa yang berganti namanya menjadi LOS (Layanan Orientasi Siswa) yang bertepatan dengan Ramadhan, kita pun mulai berkegiatan layaknya pengajar.

Kegiatan LOS pun cukup tertata rapi. Siswa-siswi yang menjadi panitia dan juga OSIS bekerja sangat baik dan kompak dalam pelaksanaannya. Bapak Ibu Guru sebagai pembina, pengawas dan juga penanggung jawab bisa cukup bangga dengan kinerja mereka semua. Termasuk ketika galeri ekstrakurikuler, dimana masing-masing ekstrakurikuler menampilkan performa terbaik mereka. Mulai dari Pramuka, Band, Cheer Leader, Dance, Teater, Nasyid, Karate, dan yang lainnya. Bangga sekali melihat mereka. :)

Ekstrakurikuler Pramuka
Dan setelah kegiatan MOS usai, kegiatan pembelajaran dimulai. Kami mengisi kelas-kelas yang masih belum ada gurunya. Dengan jadwal sementara yang masih bisa berubah lagi. Mulai mengenal siswa dan siswi. Pada saat itu yang sudah aku masuki sedikit ya baru kelas X dan XII.

Ada yang menarik di kelas XII RPL 2 yang sempat aku isi. Ada seorang siswa bernama Tegar, yang baru saja pulang dari USA selama setahun disana ikut program AFS. Ada juga siswa yang pernah melaksanakan prakerin di SEAMOLEC. Well, tentunya mereka bisa diajak untuk sharing. Tidak hanya berbagi pengalaman tetapi juga ilmu.

Selalu, ketika di sekolah ini aku merasa terpacu untuk menambah kompetensi diri. Karena ada sebuah motivasi untuk aku harus bisa ketika anak-anak membutuhkanku. Aku lebih suka menyebutnya sama-sama belajar. Karena memang terkadang kita bisa katakan ilmu itu tidak harus dari guru ke siswa. Justru terkadang aku mendapatkan banyak hal dari mereka. Pengalaman dan juga pelajaran-pelajaran lainnya.

Oh iya, sempat juga kita bertemu dengan mahasiswa dari korea yang 2 minggu saja berada di SMKN 1 Surabaya untuk berbagi ilmu bahasa korea dan juga taekwondo. Tapi Bahasa Inggris mereka kurang bagus, hanya dengan satu orang saja aku dan Juli bisa berkomunikasi dengan baik. (Maklum, kan gak bisa bahasa korea :D )
Sedikit narsis bareng ama Anak-anak Korea. ^_^
Perjalanan masih cukup panjang, terhitung masih akan sampai November aku berada di sini. Well.. aku nikmati saja dan always do the best.. Selain karena aku juga masih harus kerja di Singosari yang tetap akan membuatku bolak balik dari Malang ke Surabaya dan Surabaya ke Malang.

Well.. Every year is a new challenge. So, just enjoy and do the best!

*Sebenernya udah lumayan lama nulisnya.. cuman baru sempet publish deh.. :))

NB: Thanks buat teman-teman yang udah berbagi foto lewat Whatsapp, cukup berguna guys ;)

6 comments:

  1. denger2, katanya smkn1sby ada plajaran renang, bner gak??

    ReplyDelete
  2. Ekskul di smkn1 itu apa aja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pramuka, Band, Cheer Leader, Dance, Teater, Nasyid, Karate, BDI, dan yang lain yang mungkin saya krg tahu juga..

      Delete
  3. kak, gmbr yang ekskul Pramuka itu tahun berapa ya...?

    ReplyDelete

@nieth_sweet