My First Pregnancy Part II - Trimester Pertama - Dear Life, Affection, Hope and all ever happen...

Thursday, December 28, 2017

My First Pregnancy Part II - Trimester Pertama

Apa yang terjadi di 3 bulan pertama kehamilan?
Tidak terlalu berat sih, cuma di bulan kedua mulai nggak bisa cium bau-bauan yang tajam. Seperti parfum kamar mandi di kantor yang wanginya sangat tidak menyenangkan menurut saya saat hamil ini. Bisa hoek lah pokoknya kalo lagi ke kamar mandi dan gak tahan. Hal yang sama berlaku untuk bau yang sangat tidak enak.

Kemudian bau sabun cair yang terakhir saya pakai, juga bikin nggak nyaman pas mandi. Fiuh.. akhirnya ganti merk sabun juga.

Dan terkadang saat ambil wudhu, kalau airnya berasa ada something atau kondisi lagi lapar2nya, maka juga bisa mual dan hoek hoek.. -.-

Mualnya boleh dibilang masih tahap ringan. Karena muntah keluar pun biasanya cuma dikit aja makanan yang keluar. Kadang pun nggak keluar apa-apa. 


Oh iya saya juga alergi minyak kayu putih.. begitu digosokkan ke kulit setelah lama kemudian gatal-gatal lah kulit saya... Bawaan dede bayi macem-macem gitu..

Soal makanan, sebenernya saya sih nggak yang pilih-pilih makanan. Waktu belum tahu kalau hamil dan awal hamil masih semangat aja masak seperti biasa, nasi merah dan beli lauk gitu atau bikin tempe goreng sambel bawang pakai sayuran direbus. Yah menu-menu anak kos yang gampang dan cepet aja masaknya..

Sedangkan kalau pagi masih setia dengan sarapan buah ala food combining yang Alhamdulillah membantu banget ngurang2in mual. Tapi ada juga buah yang agak enek makannya. Buah naga, entah kenapa pas makan yang agak besar berasa bosen banget dan enek sampe kudu ngabis2in aja makannya.

Begitu masuk bulan ke dua tiga dst, entah kenapa rasa malas memasak kok yo datang..
Akhirnya malah jarang masak sendiri..

Jadi cuma belanja buah aja kalau pagi. Terus siang makannya di kantin kantor. Malem kadang kalau pengen makan ya beli, kalau lagi pengen yang seger-seger aja cuma beli juice.

Nggak tahu kenapa, nafsu makan agak turun, lebih pengen yang seger-seger macam juice.

Hmm..

Akhir trimester pertama menjelang trimester kedua, malah pergi ke Blitar karena sepupu menikah. Berangkat ngebis dari Malang, pulangnya bareng mobil.

Alhamdulillah.. adek bayi dalam perut ditakdirkan punya ketahanan yang baik. Kuat diajak kerja ibunya, diajak wira wiri malang surabaya bahkan keluar kota lain juga.

Setiap mau pergi pasti disambat dulu, bismillah sambil elus-elus perut walau belum terlihat di trimester pertama ini. Dan banyak-banyak baca shalawat dan istighfar saat perjalanan. Begitu juga kalau motoran sendiri saat pulang dan pergi kerja dari kontrakan ke kantor.

Tidak ada keluhan berarti seperti yang dikhawatirkan macam flek atau apa. Karena saat kondisi sudah mulai lelah, tentu saja kita harus istirahat. Gak maksa deh intinya. Makan terjaga nutrisinya, istirahat cukup, dan minum vitamin dari dokter (walau kadang suka lupa).

Saat hamil harus berusaha banget menjaga emosi karena ini penting untuk perkembangan adek bayi dalam perut. Harus lebih sabar dan calm down.

Kalau biasanya saat jumat sore dan senin pagi dari terminal ke kantor saya parkir motor di Bungur, saat hamil saya terbantu sekali dengan jasa Go-Jek, Go-Car, Uber maupun Uber Motor. Yang mana aja lah yang kira-kira saat itu sesuai dengan kebutuhan. Misal pengen cepet gak kena macet ya gojek atau uber motor, misal hujan atau lagi capek dibonceng motor ya naik go car atau uber mobil. Di Surabaya armadanya sangat banyak jadi gak sampai menunggu lama.

Ini kayaknya USG waktu kehamilan 3 bulan.. Emeshh..

Lega ketika trimester pertama berhasil terlewati. Dan saat periksa-periksa pun hasilnya perkembangan janin sangat baik. Saya periksa kurang lebih satu bulan sekali, atau saat vitamin sudah habis.

Oh iya, dokter Novina ini orangnya enak banget, santai, nggak terlalu saklek. Walaupun memang beliau ini jam terbangnya sangat tinggi, ada di beberapa rumah sakit dan masih buka praktek pribadi, tapi setiap ditanya sesuatu pasti dijawab dengan jelas dan menyenangkan. Beliau juga pro normal dan asi. Termasuk santai soal pemilihan makanan dengan mengatakan, kita tuh gak harus makan nasi, makan umbi2an kan juga sama ada karbonya


Foto menjelang akhir trimester pertama, ya ya belum kelihatan emang perutnya,, ^^
.Well.. yang jelas bersyukur banget kehamilan ini tuh dimudahkan sama Allah dengan kondisi yang harus mobile, working, Alhamdulillah, fisik cukup tahan banting. Hanya harus lebih bisa manajemen emosi dan psikologi, dimana kadang ngerasa sendiri ketika weekdays di Surabaya..

Semoga Allah memberkahi kehamilan ini.. Aamiin..

No comments:

@nieth_sweet