Suka Duka Mengajar di SMK - Dear Life, Affection, Hate and all ever happen...

Monday, October 8, 2012

Suka Duka Mengajar di SMK

My Student's
I love my Job... :) Yes, I do..

Semua pekerjaan or profesi, menuntut kita untuk profesional bukan apapun bidangnya. Tidak ada kerja yang gak capek, tidak ada kerja yang gak mikir, tidak ada juga kerja yang mudah dengan penghasilan yang besar (itu kalo kamu enggak ada keturunan kaya 7 turunan gak pake kerja loh ya hihihi). :))

Well.. langsung aja, apa sih SUKA-nya mengajar di SMK:


1.  New Challenge Everyday

Tiap hari, apa yang kita lakukan walaupun terkesan sama, tetapi mengandung tantangan yang berbeda. Masalah siswa yang beraneka ragam, kadang-kadang lucu, aneh, menyebalkan dan juga kolokan. Tetapi itu bener-bener membuat suasana kerja jadi sangat menarik tiap harinya. Besok akan ada hal baru apa lagi ya yang saya jumpai?? :)

2. Not just about Teaching

Menjadi guru itu gak cuma tentang mengajar loh! Beneran!! Gak cuman ngajar di depan kelas, kasih materi ini, dan selesai! Yeah, kerjaan kita tuh banyak bin bervariasi. For example, kita harus ber-inovasi ketika menghadapi kejenuhan siswa, ber-inovasi ketika pelajaran mengalami pengembangan, mengenal karakter siswa dari a-z, dan juga bagaimana cara menghadapi siswa yang aneh-aneh saja kelakuannya. Well, it's not just about teaching! But how to teach them with all our heart :)

3. Everyday I have to Learn

Ketika kuliah, kadang kita masih belum betul2 paham dengan materi yang diberikan dosen kita. Well, after all.. setelah menjadi seorang pengajar, saya harus menguasai bidang saya dong, seperti apa pun caranya! Jadi, setelah saya mengajar, saya justru menjadi lebih paham dengan materi-materi yang dulunya saya enggak paham. @neh bukan :D Yes, that's the magic of teaching anyway.. :)

4. Meet new People

Khusus untuk guru kejuruan saja nih ya.. Kerjaan kita tuh gak melulu soal ngajar dan di sekolah aja lho.. :)
Ketika siswa udah mulai praktik kerja Industri (bahasa kerennya Prakerin or PSG) maka, kita sebagai guru kejuruan punya tugas untuk monitoring atau kunjungan ke Industri dalam rangka penilaian siswa yang lagi prakerin di sana. Sambil jalan-jalan gitu lah ya :D
Kita ngecek, apakah siswa itu udah baik absennya, kerjaannya, dan juga perkembangan ilmunya selama di tempat prakerin. Tidak semua tempat prakerin, pekerjaannya sesuai 100% dengan jurusan di SMK. Ada beberapa yang kurang pas, akan tetapi masih dalam ruang lingkup yang sama, bolehlah diambil ilmu baru dan juga pengalaman kerjanya.
Menyenangkan bukan, bisa jalan-jalan dan ketemu orang baru di dunia Industri? :)

5. Long Holiday

Nah, ini juga yang paling saya suka :))
Kalau siswanya lagi jatah libur, tentu saja, kita sebagai pengajar juga libur dong yaa... walaupun kadang-kadang masih harus ke sekolah berkaitan dengan administrasi pembelajaran, bikin-bikin perangkat pembelajaran, dan juga kalo lagi jadi panitia kegiatan sekolah. Sudah pasti kita diwajibkan hadir di sekolah. Tentunya, ada fee plus untuk hal-hal semacam kepanitiaan di luar jam mengajar.
Kalau udah liburan panjang gitu, biasanya saya manfaatkan untuk pergi ke luar kota, or just travelling di Malang2 aja. Pokoknya, refresh lah.. :D Gak jauh2 banget juga..

6. Fun Friends at School

Gak tau ya, di 2 sekolah tempat saya mengajar, saya menemukan teman2 yang luar biasa, yang bisa menjadi sahabat, ayah, ibu, adik. Semuanya seperti keluarga saja. Dekat dan menyenangkan. Sekolah tempat kerja saya seperti rumah kedua saja rasanya. :)

So....
Sukanya udah nih.. Kalo DUKA-nya apa yaa??

1. OverTime Work

Gak tau bisa dibilang suka apa duka. Yang jelas banyak banget yang harus dikerjain ketika jadi guru. Apalagi guru anyaran (baca: guru baru). Mulai dari adaptasi, kemudian membuat perangkat pembelajaran yang seabrek (baca: RPP), Program Semester, Program Tahunan, Silabus, dan teman-temannya sekalian. Huwaa.. Tiap hari pulang sekolah buka laptop, ngelembur lagi deh..  see.. Being a teacher, you must be ready to work 24 hours per day :)) (lebay dikit lah)

2. The Rebel Student

Kalau ada siswa yang bandel dan suka melawan.. huhuhu..  bikin ngelus dada aja deh... heeee.. But it's such a lesson for me.. Pelajaran untuk bersikap, bagaimana menghadapi karakter yang berbeda dari setiap siswa. Mencoba melihat segala

3. There's a Little Bit Discrimination

Terkadang saja... hanya terkadang nih.. :)) suka merasa ada perasaan dibedakan, apalagi kalo bukan antara PNS dan GTT. Tapi itu hanya terjadi di Sekolah Negeri tentunya. Ya bayangkan saja, kadang-kadang mereka yang sudah punya embel-embel PNS kinerjanya justru tidak lebih baik dari yang GTT. It's not just about the money, but guys.. responsibility..
Kalau sudah mengabdikan diri sebagai pengajar dan pendidik, maka bukan uang lagi orientasinya.. Sedikit atau banyak rejeki yang didapat, asalkan itu barakah, Insyaallah, terpenuhilah semua kebutuhan kita. :)

Well.. over all.. dari SUKA DUKA, masih lebih banyak SUKA nya kan.. :)
Yess...

G ada kerja yang gak capek.. G ada kerja yang gampang, G ada kerja yang tanpa pengorbanan..
Semuanya worth it, selama kita bisa enjoy dan menjadikannya sesuatu yang lebih dari sekedar pekerjaan..
A profession.. That we did it with effort and heart..

I love my job anyway.. :)

6 comments:

  1. Saya juga pernah ada niatan masuk ke SMK, tapi nyuwun sewu-kualitas smk di kota saya masih jauh dari kata keren.. SMK memang mengambil peran penting dalam pergulatan akbar dunia kerja yg menuntut pengalaman memadahi

    Nice info, gan.. ditunggu folbeck dan komenya..hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari kota mana nih kawan?
      memang belum semua SMK memiliki kualitas, fasilitas, sarana dan prasarana yang memadai.

      Masih perlu banyak perbaikan di mana2..

      Thx for reading anyway..

      Delete
  2. setiap pekerjaan pasti punya tantangan dan kenikmatan masing-masing.
    so, cintai pekerjaan :)

    ReplyDelete
  3. and be proffesional.. :)

    thx for reading.. ^^

    ReplyDelete

@nieth_sweet