Refleksi 2013 - Dear Life, Affection, Hate and all ever happen...

Wednesday, January 15, 2014

Refleksi 2013

Hidup itu terkadang seperti orang mengemudi, sesekali kita harus melihat ke belakang..
Lagi, setahun telah berganti..
Teriring memori yang meninggalkan kesan di hati..

Seperti tahun sebelumnya.. ingin me-review segala hal yang telah berlalu di tahun 2013, yah.. walaupun udah di pertengahan Januari di 2014 ini, masih boleh dibilang tahun baru kan yaa.. :))

Maklum.. hampir gak nemu good time and good mood for writing.. ;)

Well.. pencapaian apa yang telah diraih? suka dan duka yang bagaimana yang masih melekat di memori?

Di sini aku hanya ingin berbagi, especially positive things.. No judge, no offense.. Tidak bermaksud untuk menyombongkan diri, riya', jauh-jauh dari itu semua..
Hanya, berharap bisa memotivasi dan menginspirasi..

Mulai dari:

1. Aku mengalami kehidupan yang berbeda dari biasanya

Tahun 2013.. sebagian besar aku lalui dengan menikmati hiruk pikuk kota Metropolitan Surabaya sebagai Mahasiswi Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi SMK Kolaboratif (PPGT SMK Kolaboratif) yang dilaksanakan di UNESA dan PENS ITS, lalu PPL di SMKN 1 Surabaya.. :)

Dengan kesibukan sebagai mahasiswa yang harus 'belajar' dari Senin-Jumat, aku masih harus kerja di Malang di hari Sabtu..

So here I am becoming a rider.. from Malang - Surabaya, and Surabaya - Malang.. Beberapa bulan awal aku lebih sering motoran..

dan mengalami juga jadi anak kos waktu kuliah 2 bulan di PENS ITS.. ceritanya semua ada di sini..

Sampai kemudian PPL di SMKN 1 Surabaya.. dan selesai di bulan Desember.. fiuh..

Surabaya teach me a lot of things..

From the rush traffic.. From the selfish people.. From the impatient people.. and also the life itself..

Oh iya aku juga jadi banyak belajar tentang menjadi ibu, well.. sebenernya lebih tepatnya chef.. karena beberapa bulan terakhir saat PPL, aku jadi tukang masak tiap pagi di rumah Tante karena housemaid-nya pulang.. dan tak kembali.. he he..

Paling tidak.. bisa berguna.. dan menyenangkan orang lain adalah hal yang menyenangkan bukan?

Melihat orang lain tersenyum senang atas hal kecil yang kita lakukan itu sangat membahagiakan.. :)

2. Tahun ini bisa nabung lebih banyak

Beasiswa biaya hidup dan lain-lain yang diberikan kepada mahasiswa PPGT nilainya cukup besar.. Hampir sama ketika aku bekerja full di dua sekolah sebalum aku kuliah..
Jadi.. aku bisa menyisihkan (lebih) banyak uang untuk tabungan masa depan.. ;)

3. Motorku Lunas! \(^o^)/

My red beat.. teman paling setiaku selama di Surabaya dan Malang.. menemaniku kemana saja.. Gak terasa di bulan Juli 2013, udah 3 tahun aja.. Ya.. selain lunas, ga perlu nyicil-nyicil lagi.. BPKB pun sudah di tangan.. :)

Me with my read beat at Surabaya :)

Alhamdulillah.. So worth it..

Perjuangan banget.. dari Juli 2010 - Juli 2013, nyicil ini motor..
I totally buy it with my own struggle..

Sesuatu yang bisa didapat dari hasil jerih payah sendiri selalu membanggakan dan ada nilai kepuasan tersendiri. :)

4. Bisa sedekah rutin

Dulu sih cuma potong gaji, infaq di sekolah yang mana nilainya masih kecil.. Setelah sering baca kultwit dari orang-orang hebat, Ippho, Ustadz Yusuf Mansur, dll. Aku pun meniatkan diri, selain punya tabungan dunia, punya juga tabungan akhirat yang nilainya aku perbesar dibanding infaq rutin di sekolah.. Dan mulai rutin 'nabung' di ydsf tiap bulan..

Alhamdulillah.. rasanya semakin berkah.. :)

5. Bisa qurban

Maaf, gak bermaksud sombong dan bagaimana.. hanya ingin memotivasi juga..

Ketika Idul Qurban aku memutuskan untuk berkurban..niatnya qurban untuk Mama.. Karena, pada saat itu aku punya uang di tabungan (lebih dari cukup) untuk melaksanakan qurban..

Janji Allah.. "Apa yang kita keluarkan di jalan Allah, akan kembali lagi kepada kita.. berlipat-lipat..
Harta kita sesungguhnya adalah yang kita gunakan di jalan Allah.. bukan yang hanya kita simpan.."

Dan.. Untuk pertama kalinya.. aku berqurban, 1 ekor kambing..
Sungguh hal yang sangat menyenangkan.. Rasanya plong banget.. Mungkin juga.. aku terinspirasi ketika di tahun 2012 ada kisah seorang pemulung yang mampu menabung selama beberapa tahun untuk bisa berqurban.. MasyaAllah..
Sungguh merasa malu.. Dari situlah, aku kemudian termotivasi untuk bisa berqurban.. Alhamdulillah..

Ya.. Semoga tahun berikutnya rezekiku dicukupkan untuk bisa qurban lagi.. amien..

6. Beli Mesin Cuci untuk Ibu

Di rumah Malang, belum pernah kita punya mesin cuci.. Karena idealisme dari dulu yang menganggap mesin cuci tuh ga bisa bersih kalo nyuci.. :))
sampai suatu hari aku berpikir.. musim hujan sering banget bikin cucian nggak kering, dan lagi, Bapak Ibu di rumah jg kasian kalau harus nyuci manual terus.. ya.. niat beli mesin cuci pun ter-realisasi di sekitar bulan Februari/Maret 2013.. Aku masih ingat.. waktu itu aku masih kuliah kompetensi 2 bulan di PENS ITS..

Dengan berbagai pertimbangan dan juga budget.. akhirnya terbelilah merk Sanken, 2 tabung, 9 kg, double body, dengan harga yang cukup (nggak mahal) 1,380 k.

Alhamdulillah..

7. Diberi kepercayaan lebih di Sekolah

Pergantian Kepala Sekolah yang kemudian diikuti perubahan struktur kabinet (manajemen sekolah), cukup membuat aku terkejut awalnya. Karena, Bapak Kepala Sekolah yang baru, dengan berani memberiku kepercayaan sebagai Kepala Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika, membawahi Kompetensi Keahlian RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) dan TKJ (Teknik Komputer & Jaringan).
Agak shock ketika awal Tahun Ajaran 2013/2014 mendapat kabar ini.. Well.. saat itu aku masih belum selesai Kuliah PPG, dan lagi masih harus wira wiri Malang - Surabaya..

Tetapi, karena ini adalah amanah, dan Bapak Kepala Sekolah mengatakan ini adalah sekaligus regenerasi, maka aku pun mencoba melaksanakan dan menjaga amanah sebaik mungkin..

Berat, bingung pada awalnya.. Karena jujur saja, sama sekali tidak pernah terpikirkan untuk menjadi seorang Kaprog.. Apalagi aku sebagai seorang perempuan, paling muda lagi.. (Biasanya juga Kaprog tuh laki-laki, kecuali untuk Koordinator Adaptif dan Normatif).

Yah, bagaimanapun.. aku harus berusaha sebaik mungkin, karena awal tahun ajaran baru juga bersamaan dengan mulai PPL di SMKN 1 Surabaya.

Jadi di Surabaya berperan sebagai mahasiswa PPL yang praktek mengajar sekaligus belajar mengenai sekolah dan administrasinya, untuk kemudian aku ambil positifnya digunakan di SMK PGRI Singosari tempat aku bekerja..

Masih banyak tugas yang menghadang di depan mata.. Dan besarnya tanggung jawab yang diletakkan ini, Insyaallah akan dilaksanakan sebaik mungkin..

Karena itulah.. aku akan terus belajar.. Termasuk masih konsultasi dengan Pak Dody, Kaprog TI lama yang sekarang hanya mengajar di SMKN 1 Singosari..

So.. Never stop learning.. :)

8. Travelling ke beberapa kota

Tahun ini, walaupun sibuk kuliah aku pun masih menyempatkan untuk berpetualang.. (hahaha.. :P )
Mulai dari:


Ya ya.. gak semuanya ada di blog inii.. :D

9. Punya rekening di beberapa bank & ikut insurance

Waktu motor lunas, hal yang langsung terpikirkan adalah, bagaimana supaya memiliki tabungan untuk jangka panjang..

Aku punya seorang saudara sepupu jauh tempat sharing untuk banyak hal, mas Yudhis namanya. Kita sangat akrab sejak aku sekolah dulu. Ngobrol dengan mas Yudhis itu menyenangkan karena dia cerdas dan tahu banyak hal.

Jadilah kemudian aku menganggapnya my financial consultant saat aku butuh saran soal keuangan.. Ketika aku mencoba menceritakan apa yang menjadi cita-cita dan harapanku ke depan, dia memberikan masukan-masukan positif dan solutif..

Awalnya aku sama sekali tidak tertarik dengan insurance, tapi, karena Pru mengeluarkan produknya yang Syariah, aku pun tertarik. Anggaplah ini investasi, dimana kita akan memetik hasilnya nanti di masa tua nanti, dengan bonus asuransi kesehatan. Singkat ceritanya demikian, dan karena itulah aku anggap tabungan jangka panjang. Semoga berkah.. :)

Nah, soal memisahkan tabungan ke beberapa rekening juga ada ceritanya.. Karena selama ini aku hanya pakai satu bank saja, ketika butuh apa-apa otomatis tinggal ambil di ATM (iya lah). Ketika tau saldo masih banyak, kadang jadi kurang terkontrol.. Ngerasanya masih ada kok..

Jadilah, aku buat rekening baru yang mana tujuannya untuk  memisahkan antara rekening untuk tabungan (khusus) dan rekening yang untuk operasional (halah) maksudnya kebutuhan selama sebulan..

Cukup efektif aku kira.. dan pada akhirnya aku menambah 1 rekening lagi demi mendapat fasilitas yang ga ada di bank lain untuk bayar insurance.. so.. here I am,, with 3 bank account.. Semoga berkah dan bermanfaat semuanya lah.. :)

-------------------------------------------------------------------------------------------

Terimakasih 2013 untuk segala yang telah terjadi.. Happiness.. Sadness.. Everything..
No matter what had happened in the past.. the future is still pure, so.. what we are doing now, define what would we be at the future.. So.. just do our best.. ;)

Well.. Memang tidak semua ada ceritanya di sini..
Ah.. merasa jadi bad blogger jg.. walaupun seharusnya nulis alias dokumentasi itu penting.. ternyata niat untuk posting minimal sebulan 2x itu belum bisa terlaksana sepenuhnya.. ;(

So.. apalagi yah..

Kalau untuk cita-cita di 2014.. Semoga lebih baik tentunya dari tahun sebelum-sebelumnya.. (standar banget ini sih) Haha.. Aku tulis di dream book aja sih lengkapnya..

Semoga semakin bisa meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri kepadaNya..

Semoga dipermudah segala urusan.. dan rezekinya..

Semoga, mimpi-mimpi dan harapan yang tertunda di tahun sebelumnya dapat terwujud.. amien..

Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu..

4 comments:

  1. kalo aku, berjuang buat beli my red vario. hhi.
    bedanya, aku pinjem uang tabungan persiapan kuliah adikku buat beli motor itu.
    trus balikinnya tak cicil hhi. Alhamdulillah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi.. enakan gitu.. jatuhnya ga mahal.. ;)
      Kalo aku kannn,, g ada yang buat dipinjem sihh..
      tapi Alhamdulillah.. itu belim motor jg dapat hadiah motor.. :)) (aslinya dapet umroh..)

      Delete
  2. Halo,
    Bisa saja, kita disini punya 3 produk:
    1. Belu Coffee, Rp32000 / Kg
    2. Belu Coffee Premium, Rp 42000 / Kg
    3. Ulubelu Coffee, Rp12500 / 100 gr
    Kalo masalah ongkir, saya nga pernah sih kirim ke Malang, cuman biasa nya kita cari yg ekonomis but still reliable.
    Thank you,
    Rinaldi

    PS: Kita coba kirim lewat email, cannot go thru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bedanya masing2 kopi apa dong?? :) wah.. saya pengen coba pesen gt yang premium.. gmn caranya..x) PM coba ke email saya yang n_1_et@yahoo.com ok thx..

      Delete

@nieth_sweet