Solo! For the First Time.. - Dear Life, Affection, Hate and all ever happen...

Wednesday, May 22, 2013

Solo! For the First Time..

Berpose dengan para peserta ABFI dan pemateri.
Late post.. yeah.. kinda feel that I got so much things to do, that makes me feel I'm a bad blogger that can't make my time wisely..

Yeah, I'm so damn excited when I got this chance.. to go to ASEAN Blogger Festival Indonesia (ABFI) 2013. It would be held from May 9th until May 12th, Thursday until Sunday at Solo.

Could not ask for more.. I got holiday from my college and also my work. So it's easier to me, even if I do still have a project to be done.. So I bring my laptop with me.. Just in case I can do a little when I have spare time.. (usually after morning pray until the breakfast time)

Usually I write this blog just in Indonesian, but maybe I will try to write in English and also Indonesian, I know my most reader is not fluently in English (not much) :P
But really, I want to make this blog, one that I can share with people all over the world, not just Indonesia. (That's the point) So I try to write in English even it will need more time than to write in my mother language..

So.. I go to Solo at Thursday Morning from Surabaya, the plan is at 7.00 AM, but the fact, because of human error, we leave at 8.30 AM. We, together with all blogger community from East Java Region becoming 2 buses ready to rock at Asean Blogger Festival 2013 at Solo!

We have a smooth journey.. almost no traffic jam.. and we do arrive at Solo about 4.30 PM. Gather at Kusuma Prince Sahid Hotel and have a room division.

Terus kok capek ya nulis bahasa Inggris.. :))

Ya udah deh balik ke bahasa Ibu.. :))

ABFI, beruntung aku bisa berada di event ini. Sebuah event internasional yang melibatkan blogger-blogger dari ASEAN. Yang paling banyak tentunya ya blogger dari Indonesia, yang terdiri dari berbagai komunitas dari seluruh Indonesia. Dengan jumlah peserta yang kurang lebih sebanyak 300 orang, kami menghabiskan waktu di Solo mulai tanggal 9 Mei 2013 (datang) sampai tanggal 12 Mei 2013 (pulang).

Acaranya sangat padat merayap, dari kedatangan kita yang langsung disambut oleh Walikota Solo di Loji Gandrung. Makan malam yang disebut Gala Dinner karena memang sajiannya yang cukup "wah", sekaligus penyambutan secara resmi dari Bapak Walikota yang disertai hiburan berupa tarian tradisional dan lagu-lagu keroncong yang memang sangat menggambarkan kebudayaan kota Solo.
Pose di Kusuma Sahid Prince sebelum berangkat Gala Dinner

Sempat berkenalan dan berpose dengan Ei dan Phillip, Blogger dari Myanmar. (sayang agak kabur fotonya)
Ruangan utama acara ABFI 2013
Hari pertama secara resmi dibukanya ABFI di Hotel Kusuma Sahid Prince Solo, dilanjutkan dengan  beberapa materi mengenai ASEAN, sosial budaya, dan mengapa blogger cukup berperan penting dalam pembentukan komunitas ASEAN pada tahun 2015 nanti.

Overall dari seluruh materi yang paling berkesan adalah materi yang disampaikan oleh Bapak Hermawan Kertajaya, kamu bisa cari di twitternya @hermawank, karena dia menjelaskan materi dengan begitu hidup, full english, tanpa text, dan menarik. No boring ketika menyimak beliau dengan semangat menjelaskan kepada kami para blogger untuk selalu menulis hal-hal positive dan personal branding.

Berpose dengan Pak Hermawan dan Erna dari Plat-M.
Hari Jumat itu acara berakhir dengan fashion show batik dari para perwakilan blogger dari ASEAN dan juga hiburan musik dari band lokal yang cukup apik.
The Dancers
Malam, kita punya waktu bebas, tapi kita juga diberi kesempatan untuk menyaksikan sendratari di keraton yang boleh dikunjungi oleh siapa saja. Jadi itu bukan acara khusus untuk ABFI, tapi memang telah diagendakan oleh Pemkot Solo. Pengunjung yang berasal dari daerah tidak kalah ramai yang menunjukkan betapa warga kota solo ini masih sangat menjunjung tinggi budayanya.

Sempat menikmati kuliner Solo di sebuah warung. Masakan di kota ini menurut aku agak cenderung manis. And by the way, aku beberapa kali juga naik becak dari hotel ke beberapa tempat waktu malam (free time). Tukang becak di sini sangat ramah dan bisa menjadi seorang tour guide yang baik kalau kita mau pergi ke mana dan tujuannya apa. No cheat, no crime. Dan orang-orang di Solo ini benar-benar membuat aku merasa nyaman serasa di rumah sendiri.

Perwakilan blogger yang cantik dan ganteng dari Singapore. (Chan and Luke)
Okay, hari kedua, saat yang dinanti itu waktu jalan-jalannya. Kalau acara pertama ada di hall dan beberapa kelas kecil dimana kita bisa memilih materi apa yang ingin kita dapatkan. Sebelum ke sesi kelas, ada speech seputar negara anggota ASEAN dari perwakilan masing-masing. Filipina, Thailand, Malaysia, Singapura, Kamboja, Vietnam, Brunei, Myanmar, mendapat kesempatan untuk mempresentasikan perihal keindahan negaranya. Bener deh bikin pengen kesana..

Setelah sesi bareng-bareng, dilanjutkan dengan sesi kelas kecil. Waktu itu aku ke materi Cyber Crime dan Inspiring Blogger. Cyber Crime cuman bentar banget @Sam_Ardi ngasihnya. Gak kerasa 1 jam abis gt aja.. (emang waktunya yang sedikit sih) Padahal lumayan asyik juga..

Sesi yang Inspiring Blogger ada seorang Blogger backpacker yang telah mengelilingi banyak negara dalam perannya sebagai seorang backpacker blogger. Cara bercerita dan materinya sendiri sangat menarik. Kita beberapa kali diajak mentertawakan kelucuan yang pernah dialaminya dalam pengalaman-pengalaman uniknya.

Well, setelah istirahat siang, makan, shalat, aih,, pas itu aku puasa lho, jadi gak ikutan makan.. (amazing gak?) :))
Acara siang yang ditunggu adalah jalan-jalan. Aku ke Candi Sukuh, pilihan yang cukup bagus lah. Karena kita dihadapkan ke plihan antara Candi Sukuh dan Museum Sangiran. Sedangkan Sukuh terbatas hanya untuk 50 orang tentunya aku pilih Sukuh. Sayang kondisi cuaca sedikit tidak bersahabat. Hujan rintik menghiasi kunjungan kita kali ini.

With Mbak Erna Plat-M
Sempat dijelaskan beberapa hal ketika mengelilingi Sukuh oleh seorang Bapak yang cukup paham, yeah he's one of the tour guide.
Candi Sukuh ini salah satu Candi terakhir yang ditemukan dari Kerajaan Jawa. Candi ini banyak menceritakan tentang wanita. Seolah candi ini dibangun untuk wanita. Banyak simbol-simbol berupa patung dan juga ukiran yang menunjukkan tentang wanita dan juga perihal seksual.

Pose bersama sebelum pulang.
Well.. acara jalan-jalan siang sampai sore itu ditutup dengan menuju hutan yang akan segera difungsikan sebagai sebuah taman dengan 1000 pohon dan taman bermain. Saat itu yang terlihat masih berupa lahan tandus dan ada sungai yang kurang terjaga kebersihannya dari sampah.

Malam harinya, diajak kuliner dan nemenin Ibu-ibu dari Emak-emak blogger belanja batik. Naik becak kita makan nasi liwet dulu yang enak atas rekomendasi dari Bapak Tukang Becak. Setelah itu dilanjutin ke Rumah Batik Kauman. Waktu itu aku cuma beli 2 daster batik, kenapa? masalahnya aku ga bawa duit cash, bener-bener masalah deh. Suatu pelajaran kalo mau pergi-pergi lagi teman-teman, sediain duit cash yang cukup yah.. Biar gak bingung.. hihihi..

Hari Minggunya, the last day, gak kerasa saking padatnya kegiatan, tiba-tiba aja kita udah ngerasa.. Sudah hari terakhir ya?? Kayak yang masih keasyikan tidur di Hotel. Ngerasa nyamannya suasana kota Solo, dan senangnya bisa kopdar dengan teman-teman blogger yang mungkin selama ini hanya kita baca blognya, eh kok udah harus berakhir aja waktunya. :))

Early Breakfast
Well.. hari ini dari jam 6 pagi, bahkan kita dapet early breakfast dari hotel, dan kemudian kita naik kereta uap keliling kota Solo melewati Car Free Day yang katanya ada Pak Jokowi juga disitu.

Pose together di kereta uap.

Pose di Stasiun Solo Kota. :)
Setelah keliling dengan Kereta Uap, kita bisa jalan-jalan di Pasar Klewer, buat beli oleh-oleh batik-batik gitu. Sebelum jam 11 kita harus kumpul di Keraton untuk acara penutupan ABFI dan makan siang juga.
Menuju Keraton.

Narsis dulu deh di dalam Keraton,,, :D
Closing ceremonial.
Dance Performance
Capek banget rasanya. Sekitar jam 2an kita sudah bisa packing dan sekitar jam 3 setelah aku sempetin shalat ashar kita check out dari hotel.
Well..perjalanan balik rombongan dari Solo ke Surabaya dan yang kemudian aku lanjutin ke Malang lumayan lama juga rasanya. Sekitar jam 10 kita sampai di Surabaya, sekitar jam 11an kita baru dapat bis ke Malang, dan nyampai rumah sekitar jam 1 pagi..

Lelah sih.. besok paginya langsung kerja gitu deh aku.. nguji anak kelas XI Uji Kompetensi Kejuruan. Yah, walaupun ga bisa datang pagi banget, tapi aku tetap datang jam 8an.

Well.. that's my experience at Solo. It was soooo fun! Someday I would go there again.. ^^

note: Thanks to Mbak Erna yang udah berbagi fotonya denganku. ;)

2 comments:

@nieth_sweet