Goodbye Surabaya at the end of PPGT - Dear Life, Affection, Hate and all ever happen...

Monday, December 30, 2013

Goodbye Surabaya at the end of PPGT


Taken when being a tracker at Surabaya Heritage Track :)
Been a year living at Surabaya.. Been through a lot of things.. Leave the memory behind.. and take the all new experience..

Setahun di Surabaya sangat berarti buat aku,, ilmu, teman, kehidupan, belajar hal baru, keliling Surabaya, complete! Suka duka menjadi mahasiswa sekaligus pekerja yang harus bolak balik antara Malang dan Surabaya, mulai dari jadi rider, bismania, sampai keretamania juga udah dilalui..

Ah.. lega.. setahun yang hampir tak terasa.. mungkin juga karena menikmati prosesnya.. Dan juga selalu bersyukur dengan apa yang telah diperoleh..

Haru dan membekas memori yang tak kan terlupa ketika menyelesaikan PPL di SMKN 1 Surabaya secara resmi pada minggu ke-2 bulan November..
Pose bersama Dosen, Kepsek dan Guru Pamong SMKN 1 Surabaya saat perpisahan PPL :)
Saat itu, kedekatan kami sangat terasa, 13 orang mahasiswa dan juga guru-guru pamong yang telah membimbing dan sekaligus menjadi teman.. 6 bulan.. bukan waktu yang sebentar.. pun tak terasa telah berlalu.. :)

Pengalaman PPL kali ini cukup banyak, bagi aku yang berasal dari S1 Teknik Murni (non kependidikan), tidak seperti sebagian besar teman-teman PPGT yang sudah pernah benar-benar mengalami kuliah pendidikan termasuk program PPL di dalamnya, aku belajar cukup banyak di PPL kali ini..

Mengutip UU no 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen,
Pasal 8 : Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Dan Pasal 10 (1): Kompetensi guru sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi.
Nah, berdasar kutipan di atas.. Apa saja sih pengalaman yang kita dapat selama PPL di SMKN 1 Surabaya?

a. Dari segi Kompetensi Profesional & Pedagogik

1. Mengajar (jelas). Kebetulan dapat hanya 4 kelas saja, kelas XII RPL 1 dan 2, kemudian kelas XI RPL 1 dan 2. Masing-masing memiliki karakteristik dan unik. Untuk siswa kelas XII yang paling aku ingat ada di XII RPL 1 dimana ada 2 siswa juara yang hampir selalu memenangi kompetisi IT. Terakhir aku tahu ketika Lomba di UPT mereka meraih juara 1 dan 3, membuat aplikasi Android. Cool! Sebelumnya mereka juga sudah sering eksis dimana-mana. Sedang di XII RPL 2, ada siswa yang pernah prakerin di SEAMOLEC, dan satunya lagi habis pertukaran pelajar di USA.
Melihat prestasi mereka tentu saja ikut bangga walaupun tidak ikut ngajarin mereka yang sampai menang lomba ya.. Tetapi.. bisa berbagi ilmu selama hampir 1 semester kemarin cukup menyenangkan.. Semoga semuanya sukses nanti ya.. yang kelas XII lulus dengan baik dan bisa meraih cita-cita,,yang kelas XI bisa prakerin dengan baik juga bulan Januari besok.. ^_^

2. Membuat Perangkat Mengajar, RPP, Prota, Promes, Jurnal Mengajar, dll, yang memang merupakan tugas dan kewajiban seorang guru. yes, ini juga bukan hal yang baru. Tetapiii... banyaknya RPP yang kita buat dengan format yang berbeda + modul-modulnya tentu juga cukup menguras pikiran, waktu dan tenaga. (xixi lebay banget) :P ah ya.. untungnya guru-guru yang menjadi partner mengajar orangnya asik-asik.. ;) Oh iya, semua perangkat tersebut kemudian disatukan dalam sebuah odner berjudul Portofolio. Tetapi isinya sudah ditambah juga dengan jurnal kegiatan harian PPL, absensi, lembar konsultasi, refleksi, dan dokumentasi selama PPL..
Dokumentasi ketika sedang sharing mengenai perangkat pembelajaran dengan Dosen Myanmar. 
3. Membuat Penelitian Tindakan Kelas yang merupakan Laporan Individu. Well, sebetulnya masing-masing dari kami harus membuat Laporan Individu, tetapi boleh kok kalau bukan PTK. Karena aku jujur saja masih belum begitu paham mengenai PTK, jadilah mencoba membuat, sekaligus belajar caranya membuat PTK..ah, harus banyak makasih sama teman-teman yang turut membantu dalam pembuatan PTK ini.. I owe you a bunch! ;)) Tapi.. jujur yang kemarin itu lumayan dikejar deadline,, jadiiii masih kurang total.. ;(

4. Turut meng-update ilmu dengan mengikuti kegiatan Workshop yang diadakan oleh SEAMOLEC. Jauh-jauh datang dari Jakarta, untuk mengadakan Workshop buat Bapak Ibu Guru SMKN 1 Surabaya. Membuat Edmodo, jejaring sosial khusus untuk pendidikan, sekaligus belajar mengenai Project Based Learning yang sekiranya banyak diterapkan di Kurikulum 2013, juga belajar membuat video tutorial dengan software Screen O-Matic.
Ini waktu presentasi using English dalam rangka workshop SEAMOLEC.
b. Dari Segi Kompetensi Kepribadian dan Sosial

Walaupun kami, 13 orang mahasiswa PPGT yang PPL di SMKN 1 Surabaya hanya lebih sering berkomunikasi dengan guru-guru pamong dan yang terlibat langsung dengan kami, tetapi ada beberapa kegiatan yang membuat kami bisa lebih akrab dengan bapak ibu guru lain.. Ya, sempat bersosialisasi walaupun tidak sampai semuanya dengan bapak ibu guru SMKN 1 Surabaya, TU, dan juga para teknisi.. ;) Jumlahnya 200an sih total..

Berikut beberapa kegiatan yang sempat kami (lebih khusus lagi aku) ikut berpartisipasi:
1. Kegiatan Pendaftaran Siswa Baru (PPDB) sampai Orientasi
2. Buka bersama keluarga besar SMKN 1 Surabaya
3. Kegiatan Jurusan RPL yang mengadakan lomba-lomba (internal)
3. Halal bi Halal Keluarga Besar SMKN 1 Surabaya
4. Piket (menggantikan guru yang berhalangan hadir)
5. Kegiatan Outbond
6. SMKN 1 Surabaya sebagai tuan rumah LKS Jatim 2013 bidang IT dan Bismen

dan mungkin kegiatan-kegiatan lain yang tidak secara resmi dilaksanakan, seperti sekedar makan bersama, dll..
Waktu berpose bersama murid dari SMK PGRI Singosari peserta LKS Software Application
Narsis bareng Kaprog RPL SMKN 1 Surabaya, Bapak Lukman Sholeh, S.Kom di venue LKS Jatim
SMKN 1 Surabaya, buat aku tetaplah the best school that I ever been..
Terimakasih untuk 6 bulan yang sangat berharga, bermakna dan unforgetable..

-----------------------------------------------------------------------------------------

Setelah PPL, ternyata kita masih ujian di kampus..
1. Ujian Lokal (Kampus Unesa) --> praktek peer teaching, ujian teori pedagogik dan ujian teori kompetensi.
2. Ujian Nasional (Online) --> tesnya berupa ujian online, 100 soal, materi 70 kompetensi dan 30 pedagogik.

Huff... dan setelah semuanya dilalui..

Akhirnya kami tinggal menanti pengumuman!

Karena kami merasa ujian nasionalnya susah.. dan takut remidi, kita pun belajar dengan membahas soal-soal yang sudah kita foto dari ujian nasional itu..

dannn ternyata.. kami semua lulusss \(^.^)/

Alhamdulillah..

Dan menunggu saat yudisium.. tanggal 18 Desember..
Ini foto agak kacaunya pas Yudisium.. haha.. foto yang bagus ada di facebooknya Mami Juliandarini ;)
Ini nih salah satu foto dari Mami Juli yang diupload di fb nya.. ciamik kan.. x)
Saat yang melegakan sekaligus mengharukan.. karena mungkin,, itu saat terakhir.. bisa ketemu semua teman-teman PPGT..

he... sempat juga sih,, karena merasa saat-saat terakhir.. aku dan teman-teman berkeliling Surabaya.. Menjelajahi tempat-tempat wisata maupun bukan, supaya kita paling tidak sudah mengenal apa saja di Surabaya..

Mulai dari Museum Sampoerna, Surabaya Heritage Track, Taman Pelangi, Taman Bungkul, Mangrove Wonorejo, Jembatan Suramadu, Pakuwon Mall, UNESA Kampus Lidah, Patung Singapore di Ciputra.

Ini waktu mau naik bus nya Surabaya Heritage Track, start dari Museum Sampoerna :)
Di depan Museum Sampoerna
Taman Bungkul, taman yang dinobatkan sebagai taman terbaik se-Asia Tenggara. :)
Habis Karaoke di Marina, padahal sih besoknya masih ada ujian.. :))
Ups.. sorry, ini di Sarangan sih, bukan di Surabaya :)) Tapi pas kompakan pake kaos PPGT jadi gpp deh ditampilkan.. 
Walaupun belum semua obyek wisata, termasuk Kenjeran, yang tidak sempat kami kunjungi, tapi it's okay.. Udah cukup puas lah bermain-main di Surabayanya..

So.. sekian dulu ya curhatnyaa..

Semoga, suatu hari nanti, kami semua anak-anak mahasiswa rintisan PPGT SMK Kolaboratif TIK Unesa angkatan pertama ini semuanya sukses dan ketika suatu hari ketemu lagi, kita akan mengenang masa-masa unyu ini.. ^_^

2 comments:

  1. gonna miss you bu yuanita :"D btw terima kasih banyak udah dapet hal baru, pengalaman baru dari bu yuanita :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he.. sama2 yaaa... saya juga akan merindukan kaliaann.. ^_^

      Delete

@nieth_sweet