Ketika Merindu Saat Menjadi Guru - Dear Life, Affection, Hope and all ever happen...

Thursday, December 12, 2019

Ketika Merindu Saat Menjadi Guru

Computer learning
Tulisan kali ini bakal lebih banyak curhat.. :-)

Entah sejak kapan rasanya ngerasa seperti ada yang hilang.. Ada yang kurang..

Bahkan ternyata aku pernah menulis tentang idealisme itu di tulisan PNS atau Bukan PNS..

Jiwaku yeah guru.. mengajar yang kulakukan bahkan sebelum aku memegang ijazah S1, saat 2006 itu pengalaman pertama mengajar di SMKN 1 Surabaya (magang) selama 4 bulan karena kuliah Animasi dan Multimedia. Lalu kuliah TI.. dan sambil magang kerja di SMK, dan ketika sekolah buka jurusan TI aku ditawari jadi gurunya.. ya ngajar produktif waktu itu sambil kerjain skripsi.. Sekilas takceritain dsini..

Jadi kurang lebih 6 tahun aku mengajar sejak tahun 2009.. banyak kenangan, suka dan duka.. hingga akhirnya berhenti ketika diterima jadi ASN di Surabaya..

Ceritanya di tahun 2014 coba cari formasi guru TI nggak nemu2 yang areanya masih dekat, sementara pendaftaran udah mau ditutup juga,, padahal waktu itu Optimis karena aku udah pegang Sertifikat Profesi Guru kan karena S1 aku Teknik Informatika murni, bukan dari pendidikan..

Hingga akhirnya daftarlah eike di formasi di bawah Kemendikbud yang sesuai ijazah S1, sebagai Pranata Komputer waktu itu daftarnya. Dan Ndilalah ketrima.. padahal nggak ada niat waktu itu..

Menjalani hari demi hari juga LDR.. rutinitas pekerjaan baru.. belajar banyak hal baru khususnya di bidang Pendidikan Tinggi (Dikti). Sempat pecah kementrian pula dengan Dikbud, waktu baru masuk itu jadi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Digabung dengan Ristek.

Dan tahun 2019 ini CLBK lagi setelah pelantikan Pak Jokowi di Periode 2 barusan ini dan pembentukan kabinet Indonesia Maju, Dikti kembali lagi ke Kemendikbud. (seneng aja sih karena kayaknya bakal lbh gampang kalo mo pindah Malang ntar) Aamiin

Gak terasa udah 4 tahun disini.. Dan kita juga sempat upacara memperingati Hari Guru pula..

Lalu tiba-tiba memori saat masih jadi guru pun menyeruak..

Kenangan saat selesai upacara hari guru bersama Mam Susana dan Mom Sri
Jujur aku rindu saat mengajar itu.. where I can say that I love my job.. karena yeah.. mengajar dan berbagi tentang apa yang menjadi keahlian atau kompetensi kita adalah hal yang menyenangkan..

Dan jadi berandai-andai.. mungkinkah aku kembali menjadi guru... dengan birokrasi yg rumit itu..
Sedangkan saat ini status aku adalah ASN pusat.. yang ngerjain hal2 administrasi.. -_- Saat ini sih guru SMK udah dibawahi pemprov.. dan kalau mau pindah jadi guru tentu bukan hal yang mudah.. well.. mbulet pastinya.. entahlah..

Kalau ingat ngajar selama itu.. sampai ngejar Pendidikan Profesi Guru dengan dibiayai Dikti.. waktu kuliah pun juga sebagian besar beasiswa.. dan sampai ke titik ini, dimana sepertinya aku udah jadi anak negara.. ya dari dulu dibiayain negara sih.. 

Somehow I want to do something.. Hal-hal yang sepertinya dulu membuatku lebih hidup..

well.. what should I do..

maafkan kegalauan ini.. Tuhan.. aku pasrah akan semua ketentuanMu,, 

No comments:

@nieth_sweet