And I Say Hi to PPGT SMK Kolaboratif! - Dear Life, Affection, Hope and all ever happen...

Wednesday, December 12, 2012

And I Say Hi to PPGT SMK Kolaboratif!

Hello guys... ^^

well.. saking lamanya gak ngerumat blog ini, kayaknya mesti sedikit bersih-bersih nih..  *brb nge-lap pake kanebo dulu*

Okay.. Saat ini aku pengen bercerita tentang my another step of life yang baru aja berjalan sekitar 2 minggu ini..

weew.. dari bahasanya pasti udah mikir kalo aku merid :D haha.. belom.. belom.. tenang aja para fans,, belum saatnya kalian patah hati! wkwkkwkw.. (PD tingkat propinsi!)

okeh.. jadi.. sebenernya, aq mau cerita soal diterimanya seorang Yuanita menjadi salah satu penerima beasiswa Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi SMK Kolaboratif, yang disingkat sebagai PPGT SMK Kolaboratif, selama setahun, di Universitas Negeri Surabaya (UNESA)..

UNESA

Yes.. it's another scholarship for me.. setelah dapet beasiswa ini dan itu, yang mengantarkan aku menuju Sarjana Strata 1 tanpa biaya.. Yang pasti syukur Alhamdulillah aku karena sudah bisa mandiri sejak lulus SMA.. Dengan perjuangan yang cukup keras tentunya.. he he.. :D

*Anak-anak seperjuangan jaman di VEDC dulu pasti udah pada paham laaah... ^^

Lanjut lagi ceritanya..

Well, kenapa sih kok aku daftar kuliah PPG setahun itu,, ya.. ini sih berkaitan dengan profesi aku as a teacher, yang Insyaallah memang udah mau serius kesana.. udah 3 taun ini jadi guru, mau 4 taun.. dan sejak masih kuliah sambil ngajar, udah lumayan dapet banyak hal.. yang gak didapet hanya dengan duduk di bangku kuliah..

Dapet ilmu, pengalaman, teman, anak didik, kebanggaan, keharuan, love, semuanya lah..
Dan setelah aku wisuda barusan kemaren itu, aku merindukan bangku kuliah lagi.. Sasarannya memang ke kuliah kependidikan..
selain karena memang aku dari teknik murni, non kependidikan, aku pikir, wajar lah kalo aku pengen belajar lebih banyak lagi mengenai kependidikan. Yeah, kadang-kadang aku masih ngerasa belum bisa jadi bener2 guru yang bener.. yang baek.. yang bisa ngatasin murid seperti apapun dia..
well.. emang jadi guru itu bukan hal yang mudah.. tapi anyway.. itu bukan hal yang terlalu rumit juga kok.. :)

Exactly, ketika aku daftar di program ini, aku santai banget kayak ga ada beban apapun, padahal udah paham banget resikonya.. I'll lose my job.. karena kuliah di UNESA (Universitas Negeri Surabaya) gak bakal mungkin bisa aku jalanin dengan jadwal ngajar full time..
Tapi aku udah pikir baik2 sebelum mengambil setiap keputusan.. karena bagaimanapun, sistem pendidikan di Indonesia yang penuh dengan birokrasi ini tidak akan pernah menganggap (baca: menjamin kesejahteraan) guru yang berstatus non PNS, non sertifikasi, dan apa lah istilah lainnya.

Kalau mau aku terusin, aku ngajar dengan ijazah S1 saja, Sarjana Komputer, tanpa akta kependidikan, kalo dulu namanya Akta 4 sekarang PPG (Pendidikan Profesi Guru), tentu saja g bakal dianggap apa-apa oleh negara..
Padahal kerjanya juga sama aja dengan yang sudah PNS, bersertifikasi dan laen sebagainya..
Well.. ini hanya soal penghargaan dan kelayakan profesi saja sih.. karena, bagi pribadi aku sendiri.. bisa berbagi ilmu dengan anak-anak itu adalah hal yang sangat menyenangkan.. I do love that..

So.. I have to get into this college! Dan karena Tuhan begitu Maha Baiknya dengan membuka jalan bagi hambaNya ini dengan adanya program beasiswa PPGT SMK Kolaboratif yang diselenggarakan oleh DIKTI,-informasi bisa di cek langsung ke majubersama.dikti.go.id-, so.. tanpa pikir panjang, aku berusaha daftar..

mulai dari pemberkasan online, sampai tes online.. lolos semua.. terakhir wawancara.. di Gedung H5 Universitas Negeri Malang..
Dan, Alhamdulillah..
setelah menyisihkan kurang lebih 500an pendaftar yang memilih UNESA dengan mahasiswa yang diterima sebanyak 35..
setelah penantian selama kurang lebih 2 minggu, pengumuman pun muncul dan minggu depan sudah kuliah!!
 Sungguh-sungguh waktu yang amat sangat singkat untuk sebuah persiapan ninggalin tempat kerja..
mulai dari ngurusi perpindahan tugas mengajar.. masalah nilai, ujian, belum surat-surat pelengkap untuk persyaratan registrasi di UNESA, semacam SKCK, SKBN, surat sehat, yang harus diselesaikan di sela2 waktu kerja dengan sebijak-bijaknya..
Lagi-lagi.. Dengan kuasa Illahi, semua bisa terselesaikan dengan baik.. tepat waktu, dan Senin, 3 Desember 2012 tepatnya.. Berangkatlah aku ke Surabaya.. registrasi dulu sebelum besoknya kuliah perdana..
fiuhhh,,
melelahkan.. ya,, cukup melelahkan..
bahkan saat-saat crucial ngurus surat2 aku harus ngebut2an Singosari-Kepanjen (30 km) dalam waktu 4 hari berturut-turut,, sampai-sampai, pada hari Sabtu waktu tes kesehatan, tensi pun sedikit menurut..
Tapi, Alhamdulillah, kondisi badan sehat.. kuat.. dan masih penuh semangat.. :)
saking excitednya..
karena, hey.. aku akan belajar lagi.. setelah 2 tahun off dari bangku kuliah.. aku merindukan betul masa-masa dimana aku akan duduk sebagai seorang pelajar dan menyerap ilmu-ilmu baru dari para master guru alias Dosen.
Dan lagi.. Universitas Negeri..

It's just like another dream come true for me..

Karena dulu ga jadi milih PENS ITS dan pilih VEDC Malang dengan konsekuensi dapat ijazah swasta (tapi ilmu boleh diadu), di PPGT SMK Kolaboratif ini, menganut sistem kolaborasi antara kependidikan dengan pemantapan kompetensi keahlian..
Jadi, dengan pemampatan materi yang seharusnya ditempuh selama 1 semester (6 bulan) di UNESA, kami mahasiswa PPGT hanya menjalaninya selama 2 bulan. Yang kemudian 2 bulan berikutnya kita belajar memperdalam kompetensi keahlian di PENS ITS (horee ini yang aku sukaaa \o/ ). setelah selesai kembali lagi ke UNESA dan workshop.. lalu PPL selama 6 bulan.. baru setelah lulus, kami bisa mendapatkan sertifikat profesi guru..

Yang mana, di tahun 2016, semua guru yang ingin mengajar, dan diakui oleh pemerintah, harus mempunyai sertifikat ini..
Ya, dan aku, salah seorang yang beruntung (di atas penderitaan orang lain) yang mendapatkannya secara cuma-cuma..
Gratis tis.. beasiswa dari negara.. dan masih dapat biaya hidup pula.. :D

Yeah, tapi selalu ada konsekuensi bukan di setiap beasiswa.. Kita kuliah dengan uang negara, jadi memang sudah sebaik-baiknya dari kita benar-benar bisa menjadi berguna untuk bangsa dan negara, ditambah lagi manfaatkan kesempatan belajar ini dengan sebaik-baiknya pula.. Insyaallah.. semangat mahasiswa PPGT ini sepertinya membara semua.. :P
Jadwal kuliah perdana!

Jadwal kuliah lumayan full seperti orang kerja, masuk jam 7 pagi sampai jam 4 sore, maksimal jam setengah 5, dari hari Senin-Jumat.
Alhamdulillah, Sabtu masih bisa dipakai kerja.. :D
Salah Satu buku referensi Evaluasi Hasil Belajar

Yeah.. sampai saat ini.. dimana kuliah telah berjalan selama 2 minggu..
Banyak hal baru yang aku dapetin.. Ada Mata Kuliah apa aja sih??
Nih : 1. Profesi Pendidik Kejuruan
      2. Metodik Khusus Kejuruan
      3. Metodologi PTK Kejuruan
      4. Perkembangan Peserta Didik Kejuruan
      5. Evaluasi Hasil Belajar Kejuruan

Yeah,, ada beberapa yang lumayan bikin pusing sih..
Jujur aja, itu semua adalah teori-teori dari apa yang sudah aku praktikkan ketika mengajar..
Dan aku merasa, ngajar itu gak seribet teori-teori pendidikan tersebut loh..
Yahh, kata kuncinya kita emang harus smart dan enjoy..itu penting..

Karena menurut aku sih.. Sebagus apapun kerjaan kita.. kalo gak enjoy, mending stop aja deh.. :P

Sekali lagi, merujuk tulisan aku sebelumnya soal Suka Duka Mengajar di SMK, g ada kerjaan yang gak susah.. g ada kerjaan yang ga butuh perjuangan, dan seterusnya.. Jadi, keep on moving!

Semangat buat teman2 baruku di PPGT SMK Kolaboratif yang cukup berwarna, mulai dari Bandung, Banten, Semarang, Solo, Jogja, Makassar, Bali, Nganjuk, Kediri, Mojokerto, Malang, Kepanjen dan yang lainnya.. (Dan aku berasa paling tua deh! Yang laennya sebagian besar pada masih muda semua) :D Semoga kita semua adalah calon-calon guru Masa Depan Pendidik Generasi Penerus Bangsa yang Kreatif, Smart, dan Sukses!!

Amienn.. :)

 Lanjut episode berikutnya yah.. Semoga masih punya banyak kesempatan buat nulis.. x))

9 comments:

  1. Mbak nita,mohon maaf sebelumnya. Saya wenny,saya mau tanya soal ppgt smk yang sudah mbak jalani. Saya sudah daftar ppgt smk,tp belum ada pengumuman. Kalau boleh saya minta contact person mbak untuk tanya-tanya. . .

    ReplyDelete
  2. oke.. kirim email aja ya.. nanti saya kasih no kontak saya.. :)
    nieth.snazzy@gmail.com
    atau n_1_et@yahoo.com

    ReplyDelete
  3. mbak mau tanya, itu kan full time, jadi gk kerja lagi,
    ada pengganti biaaya transport, makan gk selain gratis??
    heheh, pengen ikutan, tp kalau setahun tidak kerja, darimana bisa makan,
    terimakasih, ditunggu infonya :)

    ReplyDelete
  4. Mbak mau tanya, itu untuk ppg smk kolaborasi harus ngajar dulu di smk? Atau boleh fresh graduate blh ikut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu program saya dulu, PPGT SMK Kolaboratif, krn istilahnya masih program percontohan untuk simulasi PPG (kayaknya gt) waktu itu kita dpt beasiswa, masuknya pun tes online, dan banyak kok fresh graduate yg ikutan,, asal lolos tes aja.. :-)

      Kalo sekarang programnya seperti apa kurang tahu,, mungkin saja ada beda aturan lagi,, :)

      Semoga membantu ya..

      Delete

@nieth_sweet