Sekilas Perjalanan Hidup - Dear Life, Affection, Hope and all ever happen...

Thursday, November 15, 2018

Sekilas Perjalanan Hidup

Tulisan ini sudah tayang di facebookku, tanggal 3 November lalu. Dan, aku pikir boleh juga lah dipublish disini.. Kenang-kenangan untuk diingat saat nanti.. ☺
Peace and have spirit of life!
Tidak ada yang instan di dunia ini..
Flashback.. Waktu lulus SMA dulu sama sekali gak punya pikiran mau kuliah selain di STAN, ya karena selain gratis, jg langsung penempatan kerja. Saingannya bejibun, ya tau sendiri lah.
Tapi Tuhan berkehendak lain, gagal masuk STAN, terpilihlah plan B yaitu tes untuk pengalaman magang, satu di BCA satu di VEDC. Dan loloslah untuk program magang LF Admin di VEDC selama setahun.
FYI vedc itu sebutan saat kantor ini dulu yg kepanjangannya Vocational Education Development Center. Skrg di bwh kemendikbud dia jadi P4TK BOE Malang, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Otomotif dan Elektronika. Masih dikenal dengan sebutan VEDC juga sih..
VEDC jaman now yang sedikit banyak sudah berubah
Semuanya berawal dari sini, dari 0. Mulai dari mengerjakan pekerjaan remeh temeh di pagi2, lap2 meja kerja, ngurusi konsumsi meeting, bahkan bikin kopi pak kapus. Waktu itu kebetulan emang ditempatkan di gedung putih, ruang operator telepon dan sekretariat.
Belajar banyak hal disini, karena di program ini kita dapat sedikit materi pelajaran jg sambil magang kerja. Mengenal sistem telp pabx, fax, surat menyurat dan sejak dr sinilah berteman akrab dengan komputer dan internet. Padahal dulu termasuk gaptek aku. ðŸ˜‚ Selain itu jadi kenal dengan berbagai macam orang juga di kantor ini.
Sampai suatu hari, waktu program sudah berakhir dan sempat diperpanjang, ditawarilah untuk kuliah besiswa, yang sebenernya lebih tepat disebut training. Program 1 tahun belajar animasi dan multimedia. Excited dong, karena saat itu lagi suka2nya belajar dengan hal berbau komputer.
Belajar animasi 2D di studio animasinya SMKN 5 Malang selama 3 bulan. Lalu belajar multimedia di lab vedc 3 bulan juga, kuliahnya sore. Jadi sempat pagi ngantor dulu, sore kuliah sampai malam. Lalu 4 bulan magang ngajar animasi multimedia, dapat di SMKN1 Surabaya. 2 bulan terakhir buat tugas akhir aja and laporan.
Saat di Surabaya itu, dapat informasi kuliah beasiswa (lagi) D3 TKJ Jardiknas, programnya Pak Gatot yang sekarang beliau di SEAMOLEC, kerjasama VEDC dan PENS. Tes ikut lagi, dan masuk. Mulai lah kuliah lagi.
Masih awal semester waktu itu, Karena berbagai hal kerjasamanya vedc dengan pens akhirnya buyar, dan kita disuruh milih antara D3 kuliah di PENS atau S1 dimasukkan ke STTAR. Galau beberapa waktu, akhirnya pilih Malang aja.
Oh iya waktu itu kami jg sudah memiliki tempat magang kerja juga dimana kalau tidak kuliah maka belajar kerja di instansi untuk mengaplikasikan ilmu. Pilihnya yang deket rumah aja sih, SMK PGRI Singosari. Diawali juga dengan mengerjakan pekerjaan remeh, koneksi internet di warnet sekolah, maintenance pc2 di warnet, kalau lancar ya cuma jagain warnet sekolah ðŸ˜‚
Di semester 7, saat mulai merancang ide untuk skripsi, saat itulah pihak sekolah meminta untuk mulai mengajar. Jurusan baru, Teknik Informatika, yang belum ada gurunya gitu ceritanya.. Minta jadwal selain senin, jumat, sabtu, karena kuliah tinggal hari itu saja dan untuk mengerjakan skripsi. Pengalaman pertama ngajar langsung dapat 32 jam dalam 3 hari, selasa rabu kamis ðŸ˜±#sempatshock, untungnya ngajar produktif, jadi sedikit teori lalu langsung praktikum.😉
Kenang-kenangan jaman ngajar di SMK PGRI Singosari. Foto habis upacara. :D
Dapat pengalaman bwanyak bgt lah di sekolah ini. Dengan bapak ibu gurunya juga udah seperti kakak, ortu dsb.. Lalu lulus kuliah, kosong dong hari yang biasanya buat ke kampus? Dpt tawaran ngajar di SMKN 1 Kepanjen, sekolah baru waktu itu. Ngajar di jurusan RPL. Jadi jadwal menjadi senin-kamis Singosari, Jumat Sabtu di Kepanjen. Naik motor, waktu itu dah bisa beli motor dw masio nyicil ðŸ˜† (sampai sekarang masih ada motornya)
Kesempatan lain datang lagi saat seorang kawan yang sama2 ngajar di SMK memberi informasi tentang kuliah PPG (Pendidikan Profesi Guru). Karena kami lulusan non pendidikan yang ngajar, perlu dong ya. Dulu namanya akta iv, sekarang jadi ppg. Lagi2 karena itu program beasiswa dr Dikti, daftar lah secara onlen lalu tes di UM, mirip TKD gt tesnya pake sistem CAT. Lolos tes, lalu interview dan menunggu.
Dan lolos dong.. Alhasil ijin dan cari guru pengganti buat ngajar di Kepanjen (eret2 Crystal Zü ) ðŸ˜‚ dan ijin di Singosari, karena kuliah PPG di UNESA ini full senin-jumat. Akhirnya masih dikasih kesempatan ngajar Sabtu.
Dan mulailah episode jadi rider, Senin pagi berangkat Sby, Jumat sore balik Malang. Bersama my red beat. Nekat? Banget ðŸ˜‚
With my red beat at Surabaya 
Waktu ujian praktek microteaching, yang diajar mah temen2 sendiri aja.
Belajar banyak banget di program PPGT SMK Kolaboratif ini, ketemu teman2 baik macam Juli JuliandariniAngga Asfan CandraArum Prasetyo, dan banyak lagi yang rata2 mereka udah jadi pns jg, baik guru maupun non guru. Dan terulang lagi PPL di SMKN 1 Surabaya ðŸ˜‚
Lulus PPG, kembali ngajar,, lalu nikah sama Agus Setiawan. Ketemu jodoh juga di SMK PGRI Singosari.
Alhamdulillah.
Haha ini foto masih sebelum nikah sih.. xixi.. x)
Nikah 2014. Di akhir tahun, ada pengumuman tes cpns pake sistem cat. Lagi nyari2 dan nunggu formasi guru waktu itu gak ada ðŸ˜ª Akhire iseng nyoba di bawah kemendikbud yang paling dekat sesuai kualifikasi ijazah waktu itu ketemunya di Kopertis VII.
Ya nggak berharap diterima, wong namanya nyoba, apalagi yang diterima cuma 1. Lhah ndilalah keterima dong..malah nangis karena biasanya sama suami terus lalu harus LDR di taun 2015 saat habis pengumuman dsb..
Foto bareng kawan-kawan CPNS dan lainnya saat Halal Bihalal 2016
Demikianlah perjalanan hidup yang mungkin tdk akan bs ditebak.. Yang jelas disetiap fase selalu ada perjuangan. Di setiap mimpi yang berhasil diraih, akan ada mimpi2 lainnya.
Pada inti dari flashback panjang ini adalah untuk mengingat kembali apa saja yang telah dilalui. Juga sebagai motivasi untuk mimpi2 yang lain. Juga motivasi untuk murid2 dahulu dan anak2 muda supaya berani mengejar cita2 apapun keadaannya.
Bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi2mu..
*Catatan panjang ditulis dalam bus perjalanan dari Surabaya ke Malang sambil merindukan suami dan anak 

2 comments:

  1. mantap mbak nit.... perjuangannya sungguh berliku2... bacanya jadi kutan semangat hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi Thankyou wes baca tulisan panjang ini :-D

      Delete

@nieth_sweet