Curhatan Seorang Guru - Dear Life, Affection, Hope and all ever happen...

Saturday, September 24, 2011

Curhatan Seorang Guru


Bukan.. bukan masalah duit.. haha.. mungkin ketika orang membaca judul tulisan ini, akan mengira, nasib guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa..Alhamdulillah.. gw kira, gw adalah guru dengan nasib yang cukup baik..
sekalipun statusnya bukan guru PNS..

sebelum gw mulai curhat, gw flashback sedikit.. kok bisa sih gw jadi guru.. Yeah,, gw ngalir aja.. dan akhirnya sampai ke titik ini..
Ga ada sepintas cita2 pun dulu itu di benak gw, kalo gw bakal ber-profesi sebagai guru.. Guru STM lagi.. GUru SMK..

sampe2 ada seorang temen ataupun family yang bertanya, dikira gw guru TK kalo g SD.. -__-'
-emang nasib orang imut ya gini ini dah-
murid gw pun pernah nanya umur ke gw.. Ibu umurnya berapa sih.. kayaknya masih muda bnget.. kok udah jadi guru sih bu..

haha.. gw becandain aja kalo umur gw masih 17.. ckckkck... padahal udah seperempat abad gini nih gw.. fiyuhh..

back to the topic..

saat ini udah tahun ke-3, sejak 2009 gw start jadi guru.. I mean dengan taun ke-3, adalah, tahun ajaran baru yang ke-3 buat gw..

Dan.. di taun ini pula, gw mulai berani melebarkan sayap.. (buset, kayak franchising aja :P) gw start ngajar dobel di sekolah negri juga.. For Your Information, gw mengawali ngajar di Sebuah Sekolah Swasta. Dua2nya SMK. bedanya, yang negri banyakan cewenya, yang swasta, cenderung cowok2nya, maklum, dulunya STM, cuman baru aja buka jurusan TI alias RPL.

Ada berbagai macam perbedaan yang gw rasain ketika gw mulai ngajar anak di SMK Negri.. well.. Mr. Ndut, orang yang udah ngrekomendasiin gw buat ngajar di negri itu, bener.

siswa2 di negri cenderung lebih aktif, lebih sopan, dan lebih antusias dalam mencari ilmu.. hal lain yang gw suka adalah, partner mengajar gw di negri, emang bener2 guru yang kompeten di bidangnya, dan guru yang bener2 guru.. dalam arti, dia datang ke sekolah, menunaikan tanggung jawabnya buat ngajar pada jam yang udah dijadwalkan..

agak sedikit beda dengan di sekolah swasta.. memang partner ngajar gw itu asalnya dari sekolah negri juga, guru senior malah. tapi dia asalnya adalah guru elektro ama listrik, ya bisa aja sih ngajar di TI, tapi kurang maksimal. cuma ahlinya ada di jaringan alias networking.
Dan, yang sering membuat gw dongkol nih, ne orang jarang datang ke sekolah untuk benar2 mengajar.. dia g mau ngajar kalo udah ada gw. .

walhasil, kalo kadang2 gw lagi g mood, atau kepengen sedikit refreshing, gw ijin dah... dengan tujuan supaya dia mau ngajar..
gw udah pernah komplain ama rekan gw yang lain ama kaprog juga, supaya gw gak dipartnerin sama dia.. emang repot sih jadi guru junior.. kayak2nya disuruh ngalah mulu nih.. -_-
well, gw nyadarin, dia emang high job banget.. selain ngajar dia juga MR (Maintenance & Repair) kondisi PC dan lab di skul..
but, hello.. masa sih sampe ngorbanin waktu mengajar sampe 12 jam sehari??? kalo emang gitu, lepas aja kali jabatan mengajarnya..

yang gw kasianin sih.. selaen murid2nya.. juga gaji yang dimakan itu lo... kan jadi kurang gimana gitu.. (haach bahasane mulai GJ wez)

hal2 kayak gitu yang jadi bikin gw sedikit g betah di swasta..
but,, still.. I love the students so much..
biarpun kelakuan mereka kadang unik2 dan gaaaaak menarik sama sekali, tapi tetep, sesungguhnya mereka adalah jiwa2 yang baik, yang sedang berkembang,, dan gw pengen memberikan yang terbaik buat bekal mereka kelak.. entah itu berupa ilmu dunia ini, ataupun pengalaman hidup juga.. semoga aja gw bisa ngasih inspirasi positif buat mereka semua..

gw emang udah terlanjur jatuh cinta dengan dunia pendidikan..
buat gw.. berbagi ilmu itu sungguh menyenangkan.. ngeliat murid2 yang aneh2 dan lucu2 itu pun juga gak kalah menyenangkannya..

Jadi.. kalo ada yang nanya status gw, 'kamu g PNS?' atau 'Nyobao daftar PNS?' atau semacam demikianlah..

gw cm santai aja jawabnya..

Buat gw,, bisa berbagi ilmu sedemikian ini.. dengan profesi yang kebanyakan bukan menjadi pilihan buat anak2 negri ini..
Dan dengan gaji gw yang Alhamdulillah, gw merasa cukup barokah..
gw udah bersyukuur banget..
masalahnya, gw ngajar sampe sekarang ini, gw belum pake ijazah.. ijazah gw masih g keluar2 dari kampus GJ itu.. haach, mentang2 kuliah beasiswa ae dimbulet2.. tapi gpp lah.. semua indah pada saatnya bukan?

dan... masalah akan menjadi apa gw ke depannya nanti..
Semoga Allah selalu kasih yang terbaik.. apapun itu.. :) AMiiinnnn...

Oh iya, gw jg pengen bilang terimakasih yaaa buat Mr. Ndut, orang yang udah ngrekomendasiin gw buat ngajar di sekolah negri, disini gw ketemu dengan partner2 yang hebat.. murid2 yang baik.. pengalaman baru (nyetir PP jarak 35an km) dan banyak teman2 baru..
disini jg gw dipertemukan dengan laki2 luar biasa yang sangat menyayangi gw..

Thx for the love..
And, yeah.. u do steal my heart.. ^^

Daaan...
Buat guru2 di negri ini... Marilah kita jadi guru yang baik..
Supaya negri ini.. bisa menjadi lebih baik dan baik ke depannya..
mulai dari diri kita sendiri..

Everything is possible guys, if we try..

4 comments:

  1. Jiaaahhhaaaaahaha... nyentuh banget nich si adek guru... wkwkwkwk... tetap semangat ngajarnya. gak penting juga ntar mau jadi PNS atau tidak, yg penting itu "tetap lakukan yang terbaik". Selain itu julukan yang cocok untuk dirimu adalah "Bu Untung" soalnya kalau dilihat-lihat hidupnya selalu beruntung... TOP banget.. :)

    ReplyDelete
  2. hehehhe... iya makasih...
    soalnya yang diceritain cuma soal beruntung2nya sih... yang laen mah di save sendiri aja.. ahiakakakaka...
    Thx for reading anyway..

    always do our best.. :D

    ^_^

    ReplyDelete
  3. Semangat...!!!
    Dan Harus Sabar Juga Dalam Mengajar ^_^...
    Karena Tidak Semua Murid/Anak Bisa Di Atur..
    Hehehe... :D

    ReplyDelete

@nieth_sweet