Dear Life, Affection, Hope and all ever happen...

Thursday, December 31, 2020

2020 in Review
10:08 AM0 Comments

2020 sebentar lagi berakhir.. Berganti 2021..

Time flies.. Kayak baru kemarin 2020, sekarang udah di akhir Desember aja..

Marilah kita review.. what happened in a year,,

1. Pada akhirnya aku mengawali tahun 2020 di RSU. Pas tanggal 1 Januari. Aku inget banget, habis tahun baruan dengan keluarga.. Aku pun masuk ke IGD awalnya di Persada.. Lalu dirujuk ke RSSA. Sempat kutulis panjang di sini. Waktu itu aku udah pasrah, aku kira usiaku sampai disitu saja.. Ternyata Tuhan masih beri kesempatan.

2. Aku cuti sakit terlama sepanjang sejarahku bekerja. Terhitung dari Januari sampai Mei aku cuti. Juni aku mulai kerja lagi. Ke Surabaya. Dengan sistem kerja wfh wfo. Thanks to Covid for this..

3. Aku masih berobat rutin. Awalnya kontrol seminggu sekali. Lalu mulai Juni jadi sebulan sekali. Thanks God, krn ternyata ada infeksi di otakku. TB Otak. Bukan tumor otak. Jadi aku diobati saja. Nggak perlu operasi lagi. Waktu Januari lalu cuma operasi VP Shunt, mengurangi kelebihan produksi cairan di otakku. So, yeah sepanjang 2020 aku nggak lepas dari Dokter, Rumah Sakit, Obat.. Manusia berusaha Tuhan yang menentukan..

4. Sejak Juni aku berhenti kos di Keputih. Barang2 aku bawa pulang. Jadi pas kerja (wfo) aku PP naik KA.

5. Aku proses mutasi. Dari kantorku LLDIKTI 7 Surabaya ke P4TK BOE (VEDC) Malang. Masih sama di bawah Kemendikbud. Jadi sebelum aku operasi, November 2019 aku sudah apply ke VEDC. Mengajukan surat permohonan pindah kesana. Mencari Surat Lolos Butuh. Setelah sempat bertemu Pak Iksan, Kasubbag Kepegawaian di VEDC, yang mengatakan masih akan melihat Peta Jabatan. Lalu yasudah.. Saat aku habis operasi dan recovery di rumah, aku menerima kabar. Aku mendapatkan Lolos Butuh dari VEDC. Alhamdulillah..akhir Januari 2020. Lalu kemudian surat pun ke Kantor Surabaya. Dibantu dengan kebaikan mas Agung. Dikirim ke Malang. Dengan berkas2 kelengkapannya.. Maret aku antar lagi ke VEDC. Selanjutnya proses mutasi dilakukan oleh pihak VEDC. Dan Juni surat ke Biro SDM Kemendikbud Jakarta. Sampai saat ini memang belum ada kabar. Aku tunggu dan berdoa..

Aku yakin, Allah akan memberikan bila sudah waktunya. Sudah saatnya. Sabar saja..

Sambil menunggu, sambil tetap bekerja yang terbaik di kantor Surabaya. :-)

6. Aku senang, bisa punya banyak waktu untuk keluarga kecilku. Membersamai Raffa.. Mulai bulan April aku stay di rumah sendiri. Setelah sebelumnya pasca sakit aku tinggal di rumah orang tuaku. Alhamdulillah.. Aku mulai beraktivitas seperti biasa. Sedikit2, bertahap, pelan2.. Bulan puasa pun aku bisa ikut puasa. Minum obat karena cuma 1x sehari, aku minum saat malam.. Bulan puasa bisa full di rumah. Sahur buka bareng bojo. Masak2 bareng juga.. Tarawih di mushola perumahan. Something wow.. Mengingat dulu, aku menghabiskan Senin-Jumatku di Kos Surabaya. Sahur, Buka, Tarawih jauh dari keluarga. Bisa sama2 pas weekend aja.

7. Bisa ngopeni rumah setiap hari. Bisa masakin anak bojo tiap hari. Ini juga hal yang amat sangat aku syukuri. Karena wfh aku bisa begini.. Jadi yang namanya rumah itu bener2 ditinggali. nggak saat weekend aja macam dulu.. Alhamdulillah..

 8. Bersyukur.. Betapa aku memiliki keluarga yang luar biasa.. Yang ada dan mendukungku di saat2 gelapku.. Sungguh membuat terharu.. Terimakasih tak terhingga untuk semua..
Juga teman2 yang support.. Moril dan materiil.. Semoga Tuhan membalas semua kebaikan kalian semua.. 🤲🏻

9. Mengingat tahun 2019 Raffa opname 2x krn tipes, aku sangat bersyukur di tahun 2020 ini Raffa sehat.. Sakit paling panas, diare sekali, flu beberapa kali (bisa dihitung jari) semingguan paling lama.. Alhamdulillah.. Juga tahun ini dia sudah benar2 lepas pampers.. Walau kadang masih ngompol, tp jarang banget.. Yang masih belum konsisten itu pup di toilet. Masih suka pup di celana.. Iya masih belajar terus..

10. Join Komunitas LIKE (Lingkar Inspirasi Keluarga Edukatif) yang banyak memberi ilmu2 dan energi positif. Awalnya dari follow tulisan2 mbak Nana Padmosaputro. Belajar banyak soal parenting. Lalu ikut CCC (Chit Chat Chew), Zooming pertamaku dengan tema Living Minimalist. Lalu CCC kedua di tema Blended Family dan Step Parenting. Ditodong sharing pula oleh Queen Ric Erica 😆 Yowes jadilah narsum sharing kala itu.. Baru setelah itu aku join grup fb LIKE.. Belajar banyak banget di LIKE. Karena ilmu2 kehidupan nggak didapat di bangku sekolah kan.. Sangat bersyukur bisa ada di grup ini.. Bertemu dengan orang2 hebat, banyak belajar dari sharingan teman2 semua di LIKE, juga dari program CCC maupun INSPIRE.. Alhamdulillah..

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Well yeah.. Secara garis besar, itulah yang aku syukuri.. Hikmah terbesar dari Covid.. Bahwa saat PSBB, bisa banyak waktu dengan keluarga,, Membersamai mereka.. 24/7 dengan mereka..

It's so priceless.. Precious.. And all I can say now is.. Alhamdulillah.. Alhamdulillah.. Alhamdulillah.. Maka nikmat Allah manakah yang kau dustakan..

Memang 2020 sepertinya adalah tahun yang begitu keras, tapi juga banyak keajaiban..

Aku yakin tiap orang memiliki ransel mereka sendiri. Beban dan kesulitan sendiri.. Tapi dibalik semua itu pasti ada hal yang sangat bisa disyukuri..

Alhamdulillah untuk semua yang telah terlewati..

Dan semoga, tahun 2021 nanti, Covid hilang.. Bumi telah membaik.. Demikian pula dengan manusianya..

Harapan maupun cita2 yang tertunda di 2020 semoga dapat diraih di 2021 nanti.. 

Hope that 2021, would be nice, better and encouraging year..

Dan semoga cita2, harapan2 yang tertunda dapat diraih di 2021 nanti..

Bismillah.. Melangkah untuk 2021 yang lebih baik,, ^_^

Happy New Year ;-)

Reading Time:

Monday, November 16, 2020

Mantan Terparah
10:12 AM0 Comments

 

Mantan
Mantan terparah ini tahun berapa ya, mungkin 2005..😅 yang jelas aku tuh lama nggak pacaran pasca SMP ama cinta pertamaku. Pas SMA enggak pacaran, ada yang suka tapi kutolakin. Terus lulus SMA di training LF Admin vedc aku pun juga sibuk dengan kerjaan dan hidup. Nggak mikir soal cowok lah.

Dan suatu hari kenal lah ama dia, aku juga lupa kenalnya gmn. Yang jelas dia sekolah CC Engineering Perhotelan di vedc. Terus pas habis kenal gitu dia suka anter2in pulang. Dan akhirnya nembak.

Setelah sekian lama nggak ngerasain suka ama cowok jadi suka ama dia. Dia first kiss aku juga.. sebut saja namanya Santo.

Lalu sahabatku cowok, driver di vedc, bilang. Santo bukane pacare Santi ya? Coba cari tahu gitu katanya. Kutanyalah ama si Santo. Jawabnya dia itu saudaraku gitu bilangnya. Oh yaudah. Aku sih woles aja.

Lalu suatu hari, malem2 si Santi datang ke rumah ama temennya. Nangis2. Bilang kalo si Santo itu pacarnya. Aku ketawa dan bilang, iya udah mbk jangan nangis.. Besok aku putusin dia.. udah ya mbak jangan nangis.. Maaf aku nggak tahu.. 😁 Beneran pas itu aku ketawa2 malah..😂

Rasanya ya oh aku dibohongi, kesel sih, tapi demi ngehibur si Santi yang kayaknya cinta banget aku 'macak' santai wae nggak peduli.

Besoknya aku putusin dia, walau dia bilang apapun aku nggak peduli udah.. Marah juga sih waktu itu.. Habis putus aku dihibur ama sahabat cowokku, diajak jalan dan nyari durian 😅

Dan setelah sekian lama, dia muncul lagi.. pas itu aku masih kuliah, dia udah jadi polisi. Ngajak balikan dia. Tapi aku tolakin.. Maaf deh enggak.. Bolak balik coba ngajak balikan 😅 aku wes nggak ada rasa broh.. temenan aja..🤭

Dan akhirnya dia nikah duluan dong ama Santi, Alhamdulillah mereka jodoh akhirnya. Aku dateng ama sahabatku. Dan pas salaman dia bilang, maaf ya aku duluan. Wkwkwk aku ketawa.. gapapa lagii.. Santai ajah.. Selamat yaa..

Sama mantan yang ini emang lucu.. Sudah pacarannya bentar doang,, tragedi dia udah punya pacar ternyata. Sempet benci2an lah.. Tapi ya udah biasa aja kalo ketemu..

Terakhir ya itu pas dia nikah. Abis itu nggak tau lagi gimana kabarnya sekarang. 😁

Reading Time:

Thursday, October 15, 2020

Invisible Hands
3:23 PM0 Comments

Tulisan ini juga aku buat waktu ikut Nulis Bareng di LIKE, aku share disini juga ;-)

Invisible Hands

Aku agak bingung dengan tema ini.. Apa maksudnya orang2 yang nolongin kita tanpa kita tahu gitu ya?

Soalnya aku sendiri nggak tahu.. apa ada yang kayak gitu ama aku.. wkwk.. nggak sadar..
Aku sampe googling, dan arti yang kukira pas adalah pertolongan Tuhan..

Aku kira di hidupku sampai usia sekarang ini, aku mendapat banyak sekali pertolongan2Nya.. Hidupku penuh keberuntungan..

Salah satu hal yang akan kubagi disini adalah dulu, ketika masih kuliah D3, tahun 2007. Karena itu program beasiswa D3 TKJ Jardiknas, maka kami harus mempunyai tempat magang, yaitu sekolah. Saat kami tidak ada kuliah, maka kami ada di sekolah tsb untuk mengaplikasikan ilmu kami. Saat itu aku ada 2 tujuan sekolah yang akan aku lamar satu SMK, satunya SMA. Yang pasti cari yang dekat dengan rumah juga, karena saat itu aku belum punya kendaraan.

Waktu aku datang ke SMK tujuan pertamaku, langsung menemui bapak kepala sekolah kemudian aku utarakan maksud dan tujuanku. Lalu nggak disangka, datanglah teman kuliahku mau mengajukan disitu juga, dia cowok.. Cuma dia datang sesudah aku. Bahkan dia anak dari seorang guru disana. Aku pasrah dong ya. Waktu disuruh datang lagi beberapa hari kemudian untuk keputusan diterima atau tidak, aku pikir, ah paling yang diterima anak dari guru itu. Siapalah gue, kenal orang di sekolah tsb aja sama sekali enggak ada seorang pun..
Tapi keajaiban terjadi. Pak Kepala Sekolah memilihku yang menjadi anak magang disitu, karena aku datang terlebih dahulu dibanding temenku itu. Kan peraturannya satu sekolah hanya satu orang. Aku amaze dan berucap Alhamdulillah.. Tak lupa bilang terimakasih.. karena beliau memilihku bukan karena anak siapa, tapi karena aku datang lebih pagi.. So disinilah kemudian aku kerja dan kuliah, pertama kali mengajar juga disini.. Aku cukup lama di sekolah ini, sampai aku keluarnya di 2015 karena diterima jadi ASN di Surabaya.

Invisible hands lain tentunya banyak aku kira.. Saat kita udah pasrah eh malah dapet. Itu terjadi saat aku tes untuk dapetin beasiswa PPGT SMK, karena aku anak teknik murni kemudian mengajar, aku kira perlu mendapatkan Akta 4 atau Profesi Guru saat itu. Tahun 2012. Temanku memberi informasi soal beasiswa PPGT SMK dari Dikti, daftar secara online. Tes di Universitas Negeri Malang dengan komputer. Tesnya mirip TKDnya tes PNS. Lalu ada Micro Teaching juga. Aku jadi satu2nya anak dari kampus swasta di kelasku PPG saat itu. Sementara temanku yang memberi informasi tidak keterima.

 

Begitu pun saat aku keterima CPNS tahun 2015 lalu, pertama kalinya diadakan tes dengan CAT (Computer Assisted Test) di Tahun 2014. Aku beneran nggak nyangka kalo bakal lolos. Karena yang dibutuhkan cuma 1, dan juga sainganku rata2 anak kampus negeri semua. Sedangkan aku lulusan swasta. Qadarullah aku keterima.. Alhamdulillah..

Well.. Mungkin banyak kisah invisible hands lain dalam hidupku.. Dan aku sangat bersyukur sampai sekarang.. 🤗🙏🏻 Terimakasih Tuhan, terimakasih semesta..

Reading Time:

Monday, October 12, 2020

Lesson Learned
2:33 PM0 Comments

Tulisan ini aku buat waktu ikutan nulis di FB Group LIKE. Aku pindah kesini juga, biar kesimpen di blog ;-)

Aku memaknai Lesson to Learn ini, sesuatu dalam hidup yang membuat kita belajar, tapi kalo disuruh ngulangin lagi ogaaah... xixixi cukup sekian terimakasih..🤭

Well, tentunya dalam hidup ini kita belajar terus, dari bikin kesalahan, dari pengalaman, dari kisah orang lain. Kita belajar, selama masih di 'Universitas Kehidupan', kita tak pernah berhenti belajar.. Tentang apapun.. 😉

Salah satu kisah yang akan kuceritakan adalah, dulu aku pernah ikut sebuah MLM. Masih muda dan pemimpi. Semangat banget tuh aku waktu itu.. 🙅🏻‍♀️

Dari diajak oleh seorang sahabat cowokku sebut saja B, sekitar tahun 2007-2008 kalo nggak salah, joinlah aku setelah merasa yakin dengan cerita si B. Dari dateng ke presentasi2, pakai produknya juga, ajak temen-temen juga kakakku buat ikutan. Jualan produk juga aku jabanin.

Sempet sebulanan pokoknya, bisa se-semangat itu. Padahal kalo pagi aku kerja magang ke sekolah, sore kuliah, kadang pagi juga kuliah. Dan waktu malem atau saat2 nggak kerja dan kuliah aku ke stockist, atau ketemu temen buat presentasi, atau acara MLM. Gila banget waktu itu pokoknya. 😆

Padahal juga aku kemana-mana naik angkot. Kalo nggak nebeng temen, atau kakakku pas bisa. Se on-fire itu..

Segala acara aku datengin, dari presentasi di stockist, di hotel, sampai acara (entah apa aku lupa) ke Surabaya aku ikutin wkwk. Aku inget itu berangkat ama temenku cowok yang berhasil aku prospek wkwk,, dan karena acaranya berakhir malam, aku nyampe Malang dari Surabaya itu jam 2 dini hari. Dan karena nggak dapet bis, naik bison waktu itu pulangnya..

Wes ngantuk2, ketiduran,, untung slamet lah.. Haha..😄

Terus.. akhirnya.. in the end.. waktu aku udah jalanin 'rasanya' udah maksimal, kan dapet bonus bulanan tuh, aku liat, hah cuma segitu.. 😲 Dan katanya juga cairinnya baru bisa bulan depan.. Aku langsung 'eh'.. Rasanya kok nggak 'sumbut' (sebanding) ama kerja bagai kuda itu 😅

Kemudian aku berpikir, mikir keras lah.. me-refleksikan apa yang udah aku lakukan dan alami waktu ikut MLM ini..

Lalu aku memutuskan, cukup sekian dan terimakasih deh.. Aku berhenti.. Aku mikirnya, pertama, jalan menuju sukses itu banyak, dan sepertinya bukan ini jalanku. Aku nggak cocok di MLM ini.. Yeah.. That's what I think,, Yang kedua, aku rasa harga produk MLM semihil itu.. yang mana itu harga barangnya aslinya bisa lebih murah lah ya.. Itu aja sih..

Tapi, aku nggak nyesel kok pernah ada di MLM ini. Karena lewat situ, aku belajar banyak. Kenal orang banyak, berbagai macam karakter. Ber-jiwa lebih positif. Aku juga mengenal buku yang bagus banget waktu ikut ini. Ada 2 buku. Yang pertama judulnya Berpikir dan Berjiwa Besar, satunya Personality Plus. Itu bukunya bagus banget deh.. Banyak pembelajaran yang bisa kita ambil disana. Buku Personality Plus untuk mengenal orang lain yang berbeda-beda karakternya. Dari buku tsb aku mengetahui karakter2 Melankolis, Sanguinis, Plegmatis, Koleris.. Berfaedah banget dach bacanya..

Setelah itu, kalo ada yang nawarin MLM sih aku cuman senyum aja.. Kalo jadi member cuma buat beli produknya ya ada juga..Cuman buat jalanin MLMnya, aku ngerasa enggak lah.. That's not my path..

Well.. That's a Lesson to Learn for me.. Aku anggap itu adalah sebuah fase hidup yang mesti dilewati.. Karena dalam tiap fase itulah mengandung hikmah dan pembelajaran..🤗

Reading Time:

Thursday, October 8, 2020

Lesson to Learn
4:12 PM0 Comments

 

Dalam hidup kita terus belajar.. Berbuat salah di sana sini, lalu belajar dari kesalahan itu..

Aku belajar bahwa, tidak semua orang sepemikiran denganku.. Jadi aku lebih toleran sekarang..

Aku belajar bahwa, hal apapun pasti akan berlalu. Jadi tak usah terlalu dalam setiap hal.. Belajar biasa aja. Kayak si Gibran 🤷🏻‍♀️ 

Aku belajar bahwa, tidak mungkin menyenangkan semua orang, jadi cukup lakukan yang terbaik kubisa untuk orang2 tersayang..

Aku belajar bahwa, tak apa berbuat salah.. Minta maaf lalu perbaiki kesalahanlah yang mesti dilakukan..

Aku belajar bahwa, manusia punya batas umur yang kita tak tahu, jadi kapanpun, berbuat baiklah. Dan sediakan waktu untuk orang2 terkasih.. Karena ketika mereka pergi paling tidak kita telah melakukan hal terbaik yang kita bisa..

Aku belajar bahwa, waktu itu sangat berharga.. Maka manfaatkanlah selagi masih bernafas di dunia..

Aku belajar bahwa tiap orang memiliki beban mereka masing2, jadi jangan pernah menghakimi, meremehkan, cukup menjadi baik lah..

Aku belajar menerima semua yang terjadi di dunia ini, karena semua pasti ada alasannya. Ada hikmahnya.. Jalani takdir kita sebaik2nya..

Aku belajar bahwa, dalam hidup kita mesti membawa manfaat. Jadilah manusia bermanfaat, minimal untuk keluarga..

Aku belajar dan masih terus belajar.. Semoga hidupku membawa manfaat dalam peranku sebagai apapun di dunia ini.. 🙏🏻

Reading Time:

@nieth_sweet