BRImo error? - Dear Life, Affection, Hope and all ever happen...

Tuesday, October 8, 2019

BRImo error?

BRImo. Image from https://s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/magazine.job-like.com/magazine/wp-content/uploads/2019/03/06122057/img_brimo_3.jpg
Hai guys.. mau cerita dikit nih.. pengalaman dengan aplikasi BRImo yang lumayan sih, udah kepake mulai bulan Agustus kemarin.. Aplikasi ini memang baru ya, sebelumnya aplikasi perbankan BRI untuk handphone ya pakai MobileBRI.

Jadi emang ya, udah sering juga aku nge-twit nyampah soal kekesalanku dengan BRI, karena dari semua rekening ya ini yang paling ribet, sering eror, kalau bukan karena payroll masuknya sekarang ke BRI, gak bakal aku pake bank ini.. karena udah cukup, dengan punya BCA (dari jaman belom jadi ASN), BTN Syariah (rekening ini enak buat nabung, ga ada potongan adminnya at all), BTN biasa (ini buat keperluan KPR), dan BNI. BNI aku bikin sejak jadi ASN di Surabaya ini dan payroll pertama masih make BNI.

Nah jadi sejak awal tahun kemarin di kantor kami payroll dipindahkan ke BRI, BNI masih dipakai sih untuk tunjangan. Karena alasannya BNI gak bisa langsung motong hutang pada gaji. Jadi masih jeda entah berapa lama gt lo. Sedangkan ASN2 yang punya hutang ada yang 'pinter' juga. Gajian diambil segera setelah masuk sebelum dipotong.. Jadi zonk, banyak yang nunggak hutangnya.. ya gitulah kira-kira alasan sehingga kemudian gaji kami dipindahkan ke BRI.

Akhirnya jadi punya banyak rekening deh aku.. Dan karena memang suka reselleran berbagai barang dan banyak transaksi juga (onlineshop, jual beli gt deh), Alhamdulillah keuntungan dari banyak nomer rekening juga jadi mempermudah transaksi.

Suatu hari, Senin kemarin, aku coba masuk login di aplikasi BRImo nggak bisa-bisa. Error code 9999, ada tanda merah juga di bawahnya. Ada apaan nih.. padahal lagi butuh transfer sesama BRI. Login BCA Mobile bisa, BNI juga bisa. Khusus BTN enggak pake mobile banking karena nggak sering buat transaksi. Nah aplikasi BRImo kenapa yak.. akhirnya masuk ke IB, Internet Banking BRI, gagal login karena katanya salah masukin kode pengaman -_-' dan setelah gagal login sampai kali ketiga, terblokirlah sudah IBku.. FYI login IB dan BRImo sama ya. Cuman BRImo pake aplikasi gt aja. Dapet email juga tentang pemblokiran akun IBku..

Sempat browsing sana sini untuk nyari solusi.. Langkah ke CS di Kantor Cabang terdekat adalah last option kalo beneran udah nggak bisa..

Dan sempat sih dapat nomer CS BRI by Whatsapp di nomer +62 812-1214-017.
Dan gak lama aku WA. Dijawab dengan Sabrina, sang Asisten Virtual. Jadi ya kayak robot gitu.. AI lah,, Artificial Intelligent..Seperti ini balasannya:
[09:43, 10/7/2019] CS BRI: Maaf pesan anda sedang diproses, tunggu beberapa saat lagi yaa
[09:43, 10/7/2019] CS BRI: Selamat datang di layanan digital BRI. Saya Sabrina, asisten virtual yang siap membantu Anda :)
[09:43, 10/7/2019] CS BRI: Saya bisa memberikan informasi Promo, informasi Produk, membantu Anda Daftar kartu kredit, dan mencari Lokasi BRI terdekat

Waktu aku bilang permasalahanku, gagal login BRImo dengan error code 9999, dia kasih option2 seperti "Maaf, Sabrina masih belajar memahami ucapan Anda. Silakan ketik Menu untuk melihat informasi yang saya sediakan" dan juga bilang "Maaf, Sabrina masih belajar memahami ucapan Anda. Untuk bantuan lebih lanjut, silakan ketik Kontak BRI untuk terhubung dengan sahabat BRI" Terus aku ketiklah Kontak BRI.

Dan balasnya luamaaa banget ya.. aku pas istirahat siang kantor akhirnya abis makan siang sempet ke CS di KCP BRI terdekat, di Ruko Mega Galaxy. Sekitar jam 1 siang kurang lah nyampe situ dan kemudian masih nunggu lumayan lama karena CS masih istirahat dan ada 2 orang yang juga antri mau ke CS.

Waktu sudah giliranku, ah elah si mbak CS cuman bilang, "Mohon maaf karena sistem sedang eror." Dan waktu aku tanya solusinya gimana? Eh si mbaknya cmn bilang "Mohon maaf kami hanya dapat minta maaf belum bisa memberikan solusi." Wuuhh rasanya kayak yang esmosi gitu.. fiuhhh.. Payah banget lah BRI intinya..

Yaudah balik kantor lah sambil mampir ke BTN Syariah, BNI, ama BCA buat printout buku tabungan doang. Kebetulan satu kawasan ruko sih si BTN Syr sama BNInya, KCP, jadi dilewatin..

Then.. udahlah pasrah.. transaksi transfer sesama BRI akhirnya waktu itu aku pake MobileBRI.. FYI hal yang bikin sebel pertama ama BRI itu transfer sesama BRI aja kena charge. Jadi via ATM kena charge Rp 750. Kalau via mobileBRI kena Rp 250. Infonya kalo sekarang pakai BRImo dan Internet Banking udah ga kena charge sih. Jadi mesti bisa lagi nih BRImo akuh x)

Sementara normalnya kalo Bank lain ya transfer ke sesama nggak kena charge ya. Kalau ke Bank lainnya baru kena dan itu wajar ;-)

And then, balik ke permasalahan login BRImo aku.. sore-sore waktu sudah di kosan aku dapat balasan lagi lah dari BRImo.. yang jawab kayak CS beneran lah.. bukan Virtual CS lagi..

[13:38, 10/7/2019] CS BRI: Maaf, Sabrina masih belajar memahami ucapan Anda. Untuk bantuan lebih lanjut, silakan ketik Kontak BRI untuk terhubung dengan sahabat BRI
[13:38, 10/7/2019] Yuanita Safitri Heryati: Kontak BRI
[13:38, 10/7/2019] CS BRI: Baik, akan saya sambungkan dengan sahabat kontak BRI untuk segera menangani masalah Anda
[13:38, 10/7/2019] CS BRI: Mohon kesediaannya untuk menunggu
[13:38, 10/7/2019] CS BRI: Kamu bisa ketik 'Batal' jika tidak lagi membutuhkan bantuan sahabat Brina
[17:53, 10/7/2019] CS BRI: Selamat sore Ibu Yuanita, ada yang bisa dibantu terkait produk dan jasa Bank BRI? Tks^Arvi
[17:55, 10/7/2019] Yuanita Safitri Heryati: BRImo saya terblokir. Mohon bantuannya.
Sdh ke CS di KCU katanya sistem sedang eror. Dia mohon maaf tdk dpt memberikan solusi. Hanya MINTA MAAF solusinya.
[17:56, 10/7/2019] CS BRI: Apakah Bpk masih mengingat User ID dan email yang terdaftar Internet Banking? Tks^Arvi
[17:57, 10/7/2019] Yuanita Safitri Heryati: User id yuani****6
Email nieth.snazzy@gmail.com
[17:58, 10/7/2019] CS BRI: Apabila Internet Banking terblokir, Bpk tidak perlu khawatir, jika masih mengingat User ID dan email, silakan Bpk bisa melakukan Reset Password melalui Internet Banking versi Browser https://ib.bri.co.id pilih menu Lupa Password > kirim, kemudian masukkan :
1. Nomor Kartu ATM
2. User ID
3. Alamat Email
4. Kode Validasi kemudian pilih kirim.
Kemudian Bpk akan mendapatkan Link yang dikirimkan ke Email. Silakan klik/pilih Link tersebut kemudian masukkan :
1. Password Baru
2. Konfirmasi Password Baru
3. m-Token. Agar dapat menerima m-Token silakan klik Permintaan m-Token dan pastikan pulsa tersedia untuk menerima m-Token.
Jika Reset Password sudah berhasil dilakukan, maka Bpk akan menerima pemberitahuan terkait suksesnya Reset Password yang dikirimkan melal…
[18:05, 10/7/2019] CS BRI: Apakah Bpk masih terhubung dengan sahabat Brina? Tks^Arvi
[18:06, 10/7/2019] Yuanita Safitri Heryati: Iya masih.. Terimakasih..saya coba dulu langkah2 yg telah dijelaskam di atas ya
[18:07, 10/7/2019] CS BRI: Terima kasih telah menghubungi sahabat Brina. Selamat beraktivitas dan sehat selalu. ^Arvi
[18:07, 10/7/2019] CS BRI: Terimakasih telah menghubungi sahabat kontak BRI. Senang berinteraksi dengan Anda :)

Nah setelah dikasih tau langkah-langkah tsb, aku coba dong ya..
Dan Alhamdulillah berhasil guyss..

Jadi login BRImo udah bisa.. di IB juga bisa..
Ganti password tentunya.. hehehe..

Ya semoga sedikit pengalaman ini bisa bermanfaat buat kalian yang mungkin mengalami masalah yang sama..

See you next post ;-)

5 comments:

  1. Aku lagi kek gitu mbak. Kok bisa ke reset sendiri yahh. Anehh.. tapi uangnya aman kan mbak

    ReplyDelete
  2. Baru aja nich .. untuk saya yg suka lupa email ma password kayanya harap harap cemas ni klu pun ke cs .... Tiap ganti ganti jd beribet sering keder no mana yg terakhir

    ReplyDelete
  3. baru aja ngalamin nih.. error 9999 udah berjam jam, padahal lagi perlu bgt mau tf.
    moga aja gak keblokir karena login gak bisa gara2 error 9999.
    thanks info nya kak

    ReplyDelete
  4. Hai, iya sama2..
    Senang kalo pengalamannya ini bisa membantu juga.
    Aq pun dulu sering eror2 gt, tiba2 mesti ngrubah password.
    Akhirnya, tiap aq ganti passwd jg aq tulis di note (Google Keeps) biar aq gak lupa passw BRImo lagi.. :-)

    Kalo uangnya aman kok.. Alhamdulillah sampai sekarang blm ada masalah..

    ReplyDelete

@nieth_sweet