Such a Hectic Month - Dear Life, Affection, Hate and all ever happen...

Sunday, June 2, 2013

Such a Hectic Month

Mengejar waktu :))

Sibuk? High Job? Multi Tasking and Thinking? Sepertinya aku sudah berteman akrab dengan mereka semenjak hari-hariku diwarnai oleh kuliah dan kerja. Yah.. sudah sejak kuliah D1 Animasi aku merasakan yang namanya pagi kerja, malem kuliah. Berangkat pagi, pulang malam. Belum lagi kalau ada job ngelesin, dan job-job sampingan lain yang sering datang dan pergi di kehidupan seorang Nieth. :))

Well.. bulan Mei ini bener-bener sibuk-sibuknya deadline kerjaan di kuliahan dan juga kerjaan di STM tempat aku ngajar. Kenapa aku sebut kerjaan kuliah dan bukannya tugas kuliah? Karena kita kuliahnya aja udah gak bayar malah dapet biaya hidup alias gaji. :)) Otomatis, project RPP yang seabreg itu aku sebut kerjaan kuliah lah.

Kegiatan Workshop di UNESA, masing-masing dari kita membuat RPP dari Kompetensi Keahlian RPL, TKJ, Multimedia, Animasi dari semua SK-KD (Standar Kompetensi - Kompetensi Dasar). Setelah dibagi dan dipukul rata, masing-masing mendapatkan maksimal 3 KD dari RPL, TKJ, MM, dan Animasi. Jadi total RPP yang kita buat, masing-masing mendapatkan tugas maksimal 12 KD.

Yah, nggak susah banget tapi juga gak gampang banget. Karena RPP itu udah harus dilengkapi dengan Modul atau LKS, Lembar Penilaian mulai dari Produk, Proses, Psikomotor, Perilaku Karakter, dan Keterampilan Sosial. Belum pada langkah-langkah pembelajaran kita juga membagi-baginya menjadi fase-fase yang disesuaikan dengan metode pembelajaran yang kita gunakan pada setiap KD. Tiap KD juga harus diusahakan berbeda metode pembelajaran. Butuh ketelatenan dan kesabaaran ekstra setiap kali mengerjakannya.

BTW ketika di Solo, bayangin aja aku masih punya tanggungan nyelesaiin editing RPP yang akan segera di print, jadi sempet kalau pagi-pagi habis shalat subuh dan belum siap-siap mulai kegiatan aku sempetin ngurusin kerjaan RPP.

Kita diberikan deadline untuk mencetak RPP paling lambat tanggal 20 Mei Karena kita akan mulai micro teaching tanggal 14 Mei. Semuanya direkam dan dijadikan sebagai dokumentasi pertanggungjawaban untuk monev (monitoring dan evaluasi) kepada DIKTI. Iya, karena dari DIKTI lah beasiswa kita berasal. jadi harus dipertanggungjawabkan dong.. :)
Ini lho RPP-nya RPL.
RPP-nya RPL
RPP-nya TKJ
RPP-nya Animasi
Aku juga sempet ngerjain program untuk databasenya PSB di sekolah, yah, untuk internal aja. Walaupun web based. Jadi ini juga lumayan perlu konsentrasi tinggi. Walaupun desainnya pakai yang lama, tapi isinya berubah semua sesuai permintaan dan kebutuhan dari TU.
Micro Teaching
Setelah semua deadline terselesaikan, micro teaching telah dilaksanakan, aku pun bisa bersantai sejenak..

Eitss.. santai apaan.. ternyata aku masih punya kerjaan.. :))

Video Sekolah untuk Wisuda, yah biasalah bantuin Gus Nova seperti tahun kemarin. Kali ini, bahan videonya kurang banyak yang lucu, tapi malah banyak sekali video waktu masih kelas I pas MOS-nya.

Pengolahan videonya sendiri baru aku lakukan pas detik-detik menuju pengumuman kelulusan siswa. Jarak antara mulai mengerjakan dan deadline cuma seminggu. Karena ditayangkannya pas wisuda tanggal 1 Juni.

Melekan jaya, bahan-bahan banyak juga yang baru disusulkan ketika beberapa hari menuju deadline. Dalam seminggu itupun aku gak bisa full ngerjain, karena masih ada beberapa kegiatan yang aku lakukan. Termasuk pembekalan di UNESA yang menjadi hari terakhir aku masuk ke UNESA dan ke Surabaya dikarenakan liburan sebelum mulai PPL di SMKN 1 Surabaya.

Fiuh.. tapi memang tidak ada lagi yang lebih efektif selain deadline..
Akhirnya pun selesai juga.. termasuk saat aku menjadi penerima tamu untuk acara wisuda, menjadi wali kelas mendampingi kepala sekolah dalam prosesi wisuda, ngoperasikan laptop untuk beberapa acara tertentu di wisuda itu. Finnaly.. I can finish it all..

Hal yang membuatku lega adalah, hasil karyaku yang walaupun aku merasa masih kurang, tetapi mereka menikmatinya dan menyukainya. Aku pun turut senang..

Semoga aku bisa terus memberikan yang terbaik untuk mereka..

Well.. sedikit curhat.. Bulan Mei kemarin bener-bener bulan yang cukup overload untuk keuangan. Yah, karena aku masih punya cukup saving di bank tentunya itu bukan hal yang cukup mengganggu. Mulai dari kegiatan di Solo yang walaupun akomodasi dan transportasi semua ditanggung juga oleh sponsor (DepKominfo, Deplu, Telco - ada Telkom, XL, Telkomsel - , dan lain2) tapi tetap yang namanya jadi turis pasti ngeluarin duit untuk entah kuliner dan juga oleh-oleh.

Kemudian cetak RPP yang ditotal jendral semuanya habisnya kurang lebih sebesar Rp. 4 juta, dibagi rata satu kelas jadi masing-masing dari kita ngeluarin uang sekitar 130rb.

Kemudian kita juga urunan beli kain batik untuk seragam PPGT, supaya waktu PPL kita punya seragam. Yang ini sih cukup murah, 50rb dapat 2,4 m.

motif batik pilihan teman-teman,
Pengeluaran-pengeluaran lainnya yang gak terduga juga ada, seperti aku tiba-tiba ke Jember jenguk kakakku yang habis keguguran :(, oh iya, aku juga beli baju (selain beli di Solo), terus beli kado buat teman yang menikah. Dan pengeluaran rutin tentunya seperti bayar motor dan biaya hidup buat bensin, jajan, pulsa, ha ha ha.. baru kali ini kayaknya beasiswa ku hampir gak bersisa..

Tapi Alhamdulillah, tetap bersyukur karena rejekiku masih dicukupkan dan aku merasa kadang malah dilebihkan olehNya.. :)

okay.. see you next post.. ;)

No comments:

@nieth_sweet