Lesson Learned - Dear Life, Affection, Hope and all ever happen...

Monday, October 12, 2020

Lesson Learned

Tulisan ini aku buat waktu ikutan nulis di FB Group LIKE. Aku pindah kesini juga, biar kesimpen di blog ;-)

Aku memaknai Lesson to Learn ini, sesuatu dalam hidup yang membuat kita belajar, tapi kalo disuruh ngulangin lagi ogaaah... xixixi cukup sekian terimakasih..🤭

Well, tentunya dalam hidup ini kita belajar terus, dari bikin kesalahan, dari pengalaman, dari kisah orang lain. Kita belajar, selama masih di 'Universitas Kehidupan', kita tak pernah berhenti belajar.. Tentang apapun.. 😉

Salah satu kisah yang akan kuceritakan adalah, dulu aku pernah ikut sebuah MLM. Masih muda dan pemimpi. Semangat banget tuh aku waktu itu.. 🙅🏻‍♀️

Dari diajak oleh seorang sahabat cowokku sebut saja B, sekitar tahun 2007-2008 kalo nggak salah, joinlah aku setelah merasa yakin dengan cerita si B. Dari dateng ke presentasi2, pakai produknya juga, ajak temen-temen juga kakakku buat ikutan. Jualan produk juga aku jabanin.

Sempet sebulanan pokoknya, bisa se-semangat itu. Padahal kalo pagi aku kerja magang ke sekolah, sore kuliah, kadang pagi juga kuliah. Dan waktu malem atau saat2 nggak kerja dan kuliah aku ke stockist, atau ketemu temen buat presentasi, atau acara MLM. Gila banget waktu itu pokoknya. 😆

Padahal juga aku kemana-mana naik angkot. Kalo nggak nebeng temen, atau kakakku pas bisa. Se on-fire itu..

Segala acara aku datengin, dari presentasi di stockist, di hotel, sampai acara (entah apa aku lupa) ke Surabaya aku ikutin wkwk. Aku inget itu berangkat ama temenku cowok yang berhasil aku prospek wkwk,, dan karena acaranya berakhir malam, aku nyampe Malang dari Surabaya itu jam 2 dini hari. Dan karena nggak dapet bis, naik bison waktu itu pulangnya..

Wes ngantuk2, ketiduran,, untung slamet lah.. Haha..😄

Terus.. akhirnya.. in the end.. waktu aku udah jalanin 'rasanya' udah maksimal, kan dapet bonus bulanan tuh, aku liat, hah cuma segitu.. 😲 Dan katanya juga cairinnya baru bisa bulan depan.. Aku langsung 'eh'.. Rasanya kok nggak 'sumbut' (sebanding) ama kerja bagai kuda itu 😅

Kemudian aku berpikir, mikir keras lah.. me-refleksikan apa yang udah aku lakukan dan alami waktu ikut MLM ini..

Lalu aku memutuskan, cukup sekian dan terimakasih deh.. Aku berhenti.. Aku mikirnya, pertama, jalan menuju sukses itu banyak, dan sepertinya bukan ini jalanku. Aku nggak cocok di MLM ini.. Yeah.. That's what I think,, Yang kedua, aku rasa harga produk MLM semihil itu.. yang mana itu harga barangnya aslinya bisa lebih murah lah ya.. Itu aja sih..

Tapi, aku nggak nyesel kok pernah ada di MLM ini. Karena lewat situ, aku belajar banyak. Kenal orang banyak, berbagai macam karakter. Ber-jiwa lebih positif. Aku juga mengenal buku yang bagus banget waktu ikut ini. Ada 2 buku. Yang pertama judulnya Berpikir dan Berjiwa Besar, satunya Personality Plus. Itu bukunya bagus banget deh.. Banyak pembelajaran yang bisa kita ambil disana. Buku Personality Plus untuk mengenal orang lain yang berbeda-beda karakternya. Dari buku tsb aku mengetahui karakter2 Melankolis, Sanguinis, Plegmatis, Koleris.. Berfaedah banget dach bacanya..

Setelah itu, kalo ada yang nawarin MLM sih aku cuman senyum aja.. Kalo jadi member cuma buat beli produknya ya ada juga..Cuman buat jalanin MLMnya, aku ngerasa enggak lah.. That's not my path..

Well.. That's a Lesson to Learn for me.. Aku anggap itu adalah sebuah fase hidup yang mesti dilewati.. Karena dalam tiap fase itulah mengandung hikmah dan pembelajaran..🤗

No comments:

@nieth_sweet