Festival TIK Rakyat 2012 Poltek Telkom Bandung (Part 1) - Dear Life, Affection, Hate and all ever happen...

Thursday, May 3, 2012

Festival TIK Rakyat 2012 Poltek Telkom Bandung (Part 1)

Menyambung postingan sebelumnya..


 Sabtu pagi di Bandung, setelah dapet kamar, kita bisa mandi2 dulu, siap2, sarapan..
Dan jam 9 kita menuju Gedung Poltek Telkom, Aula Lantai 3, kita mengikuti Opening Ceremonial Festival TIK 2012. Yang disitu sudah berkumpul, orang-orang Poltek, Telkom, Kominfo, para tamu2 undangan, sponsor, anak2 UKM, Relawan-Relawan TIK dari Daerah, dan juga kita, beberapa komunitas blogger dari seluruh Indonesia..

Dari Perwakilan Depkominfo, Bapak Ashwin Sasongko, memberi sambutan pada opening ceremonial Festival TIK Rakyat 2012 ini. Beliau ingin mensosialisasikan internet untuk seluruh rakyat Indonesia dengan bantuan para relawan TIK dan juga komunitas blogger.

Di Acara Pembukaan ini, selain beberapa sambutan, ada juga hiburan-hiburan dari UKM berupa kompilasi Paduan Suara dan Tari daerah.

Diresmikan dan diperkenalkan, Mobile Agent cara membayar listrik yang lebih mudah.. Atas kerjasama PT. POS Indonesia dan Doku.

Diresmikan juga, program W@rdes (warnet desa) yang rencananya akan membuat warung internet di beberapa desa di Jawa Barat dan Lampung, dengan bantuan dari relawan2 TIK..

Kurang lebih pukul 11 siang acara opening ceremonial selesai.

What's next?

Sebelumnya, kita udah ngambil jadwal kegiatan Festival TIK 2012 ini apa aja. Ada banyak seminar yang dilaksanakan hari Sabtu dan Minggu, dengan beberapa seminar dilaksanakan pada waktu yang bersamaan. Wah.. kalau lihat judul seminarnya, rasanya sih cukup tertarik dan jadi pengen ikut yang ini dan yang itu dalam waktu yang sama.. haha..

Peserta seminar

Hari pertama, seminar utama dan satu-satunya ada di Aula, mulai pukul 13.00-15.00. Yang berjudul "Perkembangan TIK dan Dampaknya Bagi Masyarakat"

Ada beberapa pembicara, yaitu, Dr. Ir. Ashwin Sasongko, MSc (Dirjen AFTIKA dan Kemkoninfo), Mr. Wisit Atipayakoon (International Telecommunication Union), Dr. Ir. H. M. Itoc Tojhica (Walikota Cimahi), Dr. Yasral Amir Piliang. Dan dimoderatori Herdina dari TVRI.

cerita seminarnya.. Mengenai masalah-masalah sosio-kultural dan hukum dalam TIK. Jadi, pada intinya, dengan etika yang berlaku di masyarakat, hendaknya, apa-apa yang dilakukan di dunia nyata juga berlaku di dunia maya. Contoh kecilnya, kita tidak boleh menjelek-jelekkan orang lain di dunia maya.

Bapak Walikota pun turut memberi pendapat, mengenai manfaat penggunaan IT untuk beliau sendiri, seperti, keluhan-keluhan masyarakat mengenai sarana dan prasarana umum yang rusak atau masalah lainnya bisa cepat sampai.

Mr, Wisit menambahkan, "Gunakanlah internet untuk meningkatkan kualitas hidup atau bisa juga untuk mencari pendapatan."
Seminar berikutnya, kebetulan ada beberapa pilihan. Dan akhirnya aq pilih yang judulnya "Teknologi Telekomunikasi Terbuka" oleh Bapak Onno W. Purbo dan ICT Watch.
Sudah dua kali ini melihat Pak Onno langsung.. dan tetap dengan gayanya yang down to earth, ceplas ceplos dan menghibur, membuat suasana seminar lebih hidup dan menyenangkan untuk tema yang menurut saya, sedikit agak berat. :D

Seminarnya Kang Onno

Telekomunikasi Terbuka or disebut juga Open BTS.., tau BTS kan?? Yang buat servernya sinyal Handphone alias provider kita itu loh... :D

Nah, ceritanya,, si Pak Onno ini kepingin bikin BTS alias Telkom sendiri.. cuman, dia beli alatnya yang lebih murah dari BTS2 biasanya,, Dan, konfigurasinya itu, pake Linux.. karena itu, dinamakan Open BTS.. karena Open Source, dan bisa dikembangkan oleh siapa aja yang mau,,,

Sebelumnya, pak Onno sendiri udah pernah ngembangin VoIP.. yaitu, semacam telepon menggunakan internet..
Dan, kenapa beliau sekarang mencoba mengembangkan Open BTS ini, karena semua orang lebih banyak punya HP, daripada punya PC or Laptop dan internet..

so hari ini lumayan banyak dapet ilmu baru..



Sertifikat

 well.. hal ini cukup menarik buat saya sebagai orang yang berkecimpung dalam dunia IT, karena banyak banget ilmu yang bisa saya dapat disini..

Me-refresh otak setelah sekian lama seperti hiatus dari masa kuliah.. yah, walaupun tiap hari juga tetep belajar karena tuntutan mengajar sih :P tapi tetep, saya merasa beruntung banget bisa berada disini. Bisa pergi jauh2 difasilitasi pula.. dapat ilmu, pengalaman, dan juga teman-teman baru yang bermacam-macam jenisnya (loh opo iki haha)

sebenernya, saya pengeeeen banget jalan2 ke beberapa tempat di Bandung seperti kata teman2 saya, belanja ini dan itu.. tapi apa boleh buat, memang karena kesempatannya yang yah hampir g ada, g ada teman juga yang lagi ada dan bisa..

Beberapa kontak yang bisa dihubungi lokasinya jauh banget dari acara, dan ada juga yang malah ketelisipan, jadi pulang kampung dianya.. sementara saudara2 yang laen, adanya di Jakarta.. hhmmm.... maybe next time we can make it?

Eh, tapi sempet ketemu juga sih, sama sepupu yang tinggal di Jakarta, kebetulan dia lagi ada di lokasi deket Buah Batu.. Akhirnya.. karena dia lagi bawa helm banyak buat didistribusikan, maka dapet 1 deh buat dibawa pulang,, hohohooho.. :D Thank youuu so much mbak Nana.. :*

well.. hari ke dua dan juga sekaligus perjalanan pulang akan saya ceritakan di next post, capek juga nih nulisnya :)

3 comments:

  1. di tengah lautan pejantan festival TIK, senang bertemu dengan Nieth_sweet ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hoho.. sepertinya memang jarang ketemu makhluk bernama cewek di acara begini2.. he he :D

      Delete
    2. Bu..Yuuuunnnnnnn
      Siiiiiippppppppp :)

      Delete

@nieth_sweet