My Life after 18 - Dear Life, Affection, Hate and all ever happen...

Monday, June 8, 2009

My Life after 18

LifeOk, let's write.. Let's get flashback.. I'm going to share, little bit, about my life.. after I graduated from my Senior high Scool.. exactly.. I'm about 18 at that time..

Like any others, there's a wide choise for us, lot of chances and possibilities.. some was accepted to an University, some get a scholarship abroad.. and so on..

They were so great..

I'm yeah what I am.. I decided, I tried STAN.. but there should be another choise, just in case, STAN was not easy to be entered..
I tried BCA Volunteer, and the third option was LF Administration at VEDC Malang.

Hal pertama yang dilakuin abiz pengumuman kelulusan dan laen2, setelah urus2 surat2 dari RT/RW dan juga KTP, gw daftar ke STAN, anehnya, gw g ngrasain antri2nya di STAN, sperti yang dirasain kebanyakan pendaftar, antri gw di STAN g terlalu lama,
Next ngasih lamaran bwat magang LF Admin di VEDC, gw baru tau klo di Malang ada instansi yang bernama VEDC saat gw kasih lamaran gw itu.. sempet nyasar dikit.. payah..
Trus test BCA,, well.. testnya lumayan susah.. semacam test psikologi, tahap ke 3 mungkin, gw dah g lanjut..

Tes di VEDC. Sama sekali dilewati tanpa beban pikiran, dan tanpa keinginan untuk masuk.. jadi mo diterima or not, gw sama sekali g bakal oh wow..
pengumuman berlangung sore setelah tes, dan.. gw diterima..

Well.. for me, gw pikir, itu cuma sementara guys.. gw sangat sangat berharap besar dengan STAN.. U know what.. STAN, why I choose social Major at my High School, for STAN.. I desperately want it.. really2 want it.. Even though, all things written for me,, It wasn't so..

So I keep going on.. walking my life..

di VEDC-lah sepertinya takdir membawa gw..

belum terlintas apapun, sedikitpun, mengenai, Take Home Pay... yeah.. all I did, gw cuma pikir, selama gw bisa belajar, dan mencari pengalaman sebanyak-banyaknya.. g masalah, dapet duit berapapun.. uang itu bukanlah ukuran kesuksesan..

womandari awal masuk menjadi seorang LF Admin, dijelasin, disini adalah tempat untuk lulusan SMA/SMK yang belum bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, alias kuliah, di VEDC kita akan mendapatkan pelajaran2 dan training sebelum benar-benar terjun di Departemen untuk magang kerja selama 1 tahun, dan sesudahnya dapet sertifikat. Dari VEDC, Qta juga dapet duit transport sebanyak 100rb/bulan.
Gw yang berangkat dari gaptek bisa menjadi lebih pintar, ngerti internet, ngerti tata cara telepon dan fax, surat menyurat, boking tiket pesawat bwat client, ngurusin schedule kepala pusat, manage meeting preparation, tau etika kerja, filing letter, printing external report phone with PABX system dan banyak banget lainnya.. hal-hal yang dilakuin kantor tentunya, lebih spesifik, gw di sekretariat kepala pusat yang juga sebagai operator telepon, dimana semua telpon masuk larinya kesitu dulu klo g langsung ke ekstensi..
klo gw ga di VEDC mungkin gw ga bakal kenal dengan bule2 dari Jerman, sampe nemenin mereka rekreasi, ke Bromo, Bale Kambang, Jatim Park 2, dll.
atau yang lebih private, ngopi2 sama Carsten and Heiko ke Araya, jalan ma Bule ke Mall, makan di Terrace, jelas jadi pusat perhatian, coz bule2 itu selain tinggi juga lumayan oke.. hahagz..well, gw jg jadi tau tempat2 makan yang enak dan mahal..
duit yang gw dapet dari situ pun, klo diitung g sedikit, gw kira, justru dari yang sedikit itu bisa menjadi berkah..duit laen2 di luar duit pokok yang banyak..
bwat gw semua yang gw dapet di VEDC, adalah pengalaman yang g akan bisa ditukar dengan uang, dan apapun.. walaupun jadi LF tuh soro juga.. capek juga, coz kerjaan hampir sama ama Pegawai dengan duit yang lebih minim dari mereka..

Gw jadi mengenal banyak orang disini.. sharing many things with them..
orang2 yang mendukung gw, untuk melanjutkan study..

Bu Cholifah dan Bu Endang, mereka adalah orang2 yang sangat berarti buat gw di VEDC,, Mas Taufik, sahabat yang bener2 jaga gw, teman2 yang g tergantikan.. Ayu, Endah, Enny, Tutus..

Setahun bukanlah waktu yang lama, tapi g cepet jg,,
Gw jg sempet ikut test STAN untuk yang ke2 kali, dan gw ga lolos lagi,, dan itu terakhir kalinya gw coba STAN, gw langsung pikir, God had another beautiful plan for me.. So all I need is just a little patience..

Pada suatu hari dari kantor gedung putih, gw ngeliat mahasiswa D4, entah anak TI atau MK. Yang jelas dalam hati gw pikir, hey, gw peengen banget kuliah TI disini... pasti asik.. tp mahal... g bakal mampu lah gw..

gw tertarik dengan IT, ketika ada anak SMK 5 yang namanya Dirga, PSG disitu, gw diajarin macem2, mulai dari NetMeeting sampe Net Send. trus download2, dan macem2.. gw bener2 curious about IT..

Gw abiz masa LF sbenernya Agustus 2005, tapi gw diperpanjang setengah taun lagi, karena VEDC masi belum nerima LF baru, ada beberapa kebijakan yang dirubah2..
Desember 2005, LF baru baru datang, regenerasi, ngajarin mereka, dampingi mereka, dan menikmati saat2 terakhir di VEDC. Leave Out All The Best.. gw sempet juga seeking for a job ke beberapa tempat.. tapi aneh2, ada yang ternyata sales.. gw cuma ikut training 3 hari terus kabur.. hahah..
sampai...awal tahun 2006, gw ditawarin bwat beasiswa kuliah TI, di VEDC, tapi cm D1, Animasi dan Multimedia.. oh wow.. tentu saja gw bener2 mau..
walaupun sempet terjadi beberapa hal.. setelah gw tes, akhirnya gw masuk. Dan Februari awal, gw bener2 ninggalin VEDC, kantornya maksud gw.. gw harus belajar animasi. First, di studio animasi di SMKN 5 Malang, selama 3 bulan. 3 bulan berikutnya kembali lagi di TI VEDC buat belajar Multimedia. dan 4 bulan ke depan, mulai Agustus 2006 disebar magang di Sekolah2, 2 bulan berikutnya untuk TA.

di SMK 5, ah.. many memories here.. pengalaman gambar pake tangan yang bener2 payah, tp at least gw bisa buat short animasi orang nendang bola with all my struggle.. hehhe... gela..
di VEDC, kuliah mulai sore. abiz pulang kantor, skitar jam 4 kita baru mulai kuliah, karena paginya dibuat ngajar anak2 D4 yang regular..
g sengaja gw mampir ke operator, ngembaliin buku ke Frau Dian, dan Bu Endang, minta gw bantuin di operator. Dan setelah beliau tau gw bakal kuliah sore disitu, paginya gw disuruh bantuin di kantor dulu.. hem.. that's a nice idea mam.. jadilah gw disitu lagi, meskipun banyak orang yang pro dan juga kontra.. whatever..
jadilah gw, berangkat pagi pulang petang.. pagi ke kantor, sore kuliah sampek kadang2 jam 9 malem..

But, I like it..

dan setelah 3 bulan berlalu, yeah, I should go... gw magang D1 di tempat lain lagi.. kali ini di SMKN 1 Surabaya.. gw berdua temen gw, Agusta..
wow.. gw ngajar di sana.. never thought about that before.. but I did it..
gw disana ngajar gantiin Bu Anast, untuk Multimedia, dan kadang2 Bu Endah kalo beliau lagi ada Tugas Luar, ngajar KKPI.
selama 4 bulan.. pertama terasa begitu lama,, tapi.. semua berlalu begitu cepat.. dimana ada pertemuan ada juga perpisahan..
Banyak pengalaman yang gw dapet dari SMKN 1 Surabaya... selain ngajar.. gw jadi lebih tau tentang software2.. instalasi, pembuatan jaringan LAN juga. coz, klo lagi nganggur gw ikut teknisinya gitu.. entah nginstal PC jaringan atau betulin PC yang kena virus, dll... maklum Labnya SMKN 1 Surabaya banyaakkk banget... mereka uda SBI bwat jurusan Multimedianya..
banyak kenangan yang g terlupakan jg disini, gw akrab dengan orang Afrika Selatan, Rayana, dy cukup cantik untuk ukuran orang Afrika. kulitnya g begitu hitam. namanya Dy sebagai English native speaker di SMKN 1 Surabaya.

well.. Bulan Oktober 2006, ketika gw masih di SMKN 1 Surabaya, ada kabar tentang beasiswa D3 dr Malang. gw ijin pulang. gw tanya ke Pak Eko, salah satu dosen VEDC, emang gw boleh ikut, kan gw belum lulus D1?? Dan akhirnya gw pun ikut.. Ternyata daftarnya ke ICT Center di SMKN 1 Singosari. Di situ gw dijelasin lagi sama Pak Maksum, Ketua ICT saat itu. mulai A-Z, and I decide.. yes I'm going..
gw tes.. dan setelah tes gw balik lagi ke Surabaya.. di Surabaya, gw dapet kabar. gw diterima D3..
jadi, gw harus bolak-balik Malang-Surabaya, selama gw ada kuliah di Malang. dan Alhamdulillah, Bu Anast maupun Bu Endah, ngerti banget. Mereka ngasih kesempatan buat gw.. :)
capek seeh,, dan otak gw rasanya gela banget.. he...gw sampe sakit di Surabaya..g ada sapa2, yang care ma gw adalah Agusta, teman serumah dan Pak Satpam, gw lupa.. yang klo tau gw belum makan mesti bingung nyariin makan.. hahhaa... what a nice guys they are...

Akhirnya masa2 magang selesai sudah.. dan gw kembali disibukkan dengan Tugas Akhir D1.. Januari maju presentasi. Jadi ada waktu sekitar sebulan buat pembuatan TA itu..

gw Stress,,, karena apa, waktu gw keterima D3, dimana 1 semester = 4 bulan, dan VEDC kerjasama ama PENS ITS, itu artinya bulan Januari, bulan ke-4, gw harus UAS yang dilangsungin di PENS ITS.

gw dikejar2 deadline, TA, dan tugas2 kuliah D3 dan juga UAS.. bayangin di PENS ITS.. wow.. dulu cuma mimpi bisa ngerasain ITS.. and I did really there... It's so wonderful..!

akhirnya TA gw kelar.. sampe2 taun baruan, Taun Baru 2007, gw lewatin di rumah Enny bwat ngerjain TA.. wkwk... lucu sih.. tp gw sadar.. I have limited of time..

Pas deadline TA.. pagi gw presentasi, urus sana sini, sorenya, bis maghrib, gw cabut ke Surabaya, besoknya gw UAS..
really,, I'm a single fighter... gw berangkat sendiri, gw hubungin temen gw yang kuliah di UNESA, temen PPL waktu di SMKN 1 Surabaya, mbak Hesti namanya, gw putusin nginep disana selama 2 hari gw UAS.. tinggal naik angkot 1 kali dari Joyoboyo. ke Joyoboyonya dianter sama mbak Hesti.. baru tau yang namanya PENS ITS ya hari pertama UAS itu.. well.. disana ketemu temen2 gw,, yang pada kost bareng di deket kampus..

masa2 yang ga akan terlupakan... yang klo gw inget, gw bakal selalu senyum sendiri.. What a life!

semester 2... sekitar bulan Februari 2007, Qta mulai disuruh nyari tempat magang, istilahnya instansi buat magang untuk MoU, sebagai syarat untuk beasiswa...yeah, ini memang syarat dari BPKLN (Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri) yang mencanangkan adanya program beasiswa D3 TKJ ini.. Thx for Mr Gatot Priowirjanto... :)

so here we go, gw pun nyari tempat magang, karena harus kabupaten, jadi gw pikir gw cari aja yang deket2 dulu.. yeah.. tempat pertama yang gw datengin... setelah gw konsultasi via telpon ke Pak Maksum, gw ke SMK PGRI Singosari.. Langsung bertemu dengan Kepala Sekolah. Dan, gw disuruh balik lagi hari Kamis.

waktu itu, gw pasrah. Kenapa, karena ada mas Tommy temen sekelas gw yang juga kesana, kebetulan dy anak dari Pak Sally, guru STM situ juga..

Setelah, hari Kamis, dipertemukan gw, Mas Tommy, Pak Maksum, Pak Mukardi, dan entah siapa lagi, akhirnya Pak Mukardi memilih gw, karena apa, karena gw datang lebih dulu dibanding Mas Tommy... :D Well.. he's so kind, isn't he..?

Dan akhirnya gw urus MoU antara gw, SMK PGRI, dan Diknas Kabupaten. Gw urus2 begituan bareng si Donny, dy di SMANELA. terus abiz dapet tandatangan kepala sekolah masing2, Qta bareng2 ke Diknas Kabupaten. dan sialannya, udah jauh2 ke sana, Kepanjen, eh disuruh ninggal aja..

ya udah lah.. trus akhirnya setelah ditandatangani, waktu itu dibuat rangkap 3, satu untuk Diknas, satu untuk SMK PGRI, dan satu gw bawa..
MoU itu bermaterai.. gw kasih ke STM..

Setelah itu, gw pun mulai masuk ke STM. bulan Maret 2007. status magang.. klo gw pikir2.. kenapa ya gw kok seneng banget magang, dari dulu magang... yang gw bisa bilang, gw g tau jg, ni semua tuh takdir yang membawa gw sampai seperti ini..

well.. tugas pertama gw, adalah.. konekin internet dari PC server ke client, dimana itu warnet uda lama semacam 'mati', dan g keurus.. karena pak Hendro pun juga sibuk ngajar.. si Hendra pun waktu itu sama sekali g keliatan batang hidungnya.. alias belum pernah masuk..
inetnya waktu itu masih pake Telkomnet Instan (sekarang seh pake speedy unlimited) then akhirnya, instal Win 2000 server.. dan gw disaranin Pak Yuli, dosen VEDC, pake WinRoute aja gampang.. dan gw dapet softwarenya dari VEDC, download tutorialnya.. dan yes.. I did it.. berhasil konek..

setelah itu, gw buat webnya skolah, untuk yang pertama kalinya SMK punya web.. itu hasil karya gw.. heheh.. gw merasa seneng, ketika gw bisa memberi kontribusi buat skul..

dan tugas2 lain pun berdatangan, like, jadi pengawas ujian, desain brosur skul, dan laen2..
exactly, gw tau, banyak pro dan kontra.. banyak guru2 laen yang mempertanyakan siapa gw, dan kok bisa masuk ke sini, secara, banyak banget guru or staf yang notabene masih ada hubungan family. Yeah,, I know that.. everything isn't always easy..

And after all...
Semester ke-3 terjadilah kebingungan di kuliah gw.. Kerjasama VEDC-ITS ada masalah. kita yang punya IP yang masih bisa diterima di ITS (yang gak kena DO) tentunya disuruh milih, pilih ITS atau VEDC, dimana klo di ITS tentunya ijazah adalah D3, dan yang pilih VEDC, akan ditransferkan ke STTAR, S1. Jadi setelah semester 6 berakhir di VEDC kita lanjut 2 semester di STTAR, dapetlah S.Kom
It's a damn dillema for me... gw bener2 bingung!
mungkin buat temen2 yang g punya pilihan, alias IP nya udah g memenuhi syarat buat bisa nerusin di ITS, mereka g akan sebingung gw dan beberapa temen2 gw... mereka mau ga mau tetep ikut VEDC dan lanjut STTAR..

Syta, Dony, Elok, Nur, Emil, spertinya mereka udah bener2 positif buat fight for PENS-ITS.. bener sih, di pikiran mereka.. yaitu, kapan lagi coba, bisa ngerasain kuliah di PENS-ITS! It's a very2 fantastic thing that they will not past.. and maybe will never come twice.. scholarship...

mereka smua coba ngeyakinin gw, Deny, yang jujur... gw ama Deny lah yang masih bimbang.. di antara 2 pilihan itu.. huuuf,,,,Life is a choise..

gw sampe nginep di rumah Nur pada suatu hari, dimana gw masih dilanda bimbang, gw mimpi aneh, gw critain mimpi gw ke Fathur. karena ada Fathur di mimpi gw..
Fathur ngeyakinin gw, Malang sajalah..
seperti juga Ernani yg sudah straight, Malang..
gw masih belum bisa berpikir dengan jernih... apa yang gw inginkan masih samar...bagi gw 2 pilihan itu bner2 sulit..
di satu sisi, kapan lagi bisa dapet ijazah ITS? di sisi lain, S1.. dengan biaya yang notabene murah.. dan waktu yang relatif cepat.. what a choise?
gw sampe nanya ke temen2 gw, mbak Miersa, klo ortu gw, mereka g bisa kasih idea, karena gw lah yang lebih tau,, yeah I know..
Finally, Pak Prima.. orang STM.. yang lumayan deket ma gw, karena orangnya juga suka IT, walaupun bukan orang IT,, dengan dy lah gw sharing.. dan setelah ngerasain beratnya pilihan itu.. beliau bilang.. di Malang aja lah mbak..

and that's my final decision.. I go for S1... I stay at Malang..

and release ITS... with half heart..

Dan gw yakinin diri gw, Tuhan, mungkin gw belum bisa ngerasain kuliah di ITS saat ini, tp mungkin gw bisa S2 disana, AMIN! :D

and I must go on...Life is a struggle... Life is great.. and whatever life going me insane.. I'll be strong.. I'll face everything.. no matter what..

tahun 2008.. gw sempet coba2 MLM, dan berhenti karena capek,, capek pulang malem tepatnya.. hahaha... dan gw smepet freelance di Web Programming, dan ngelesi anak SMP kelas 3 intensif UAN... itu semua di luar kesibukan magang dan kuliah...

Yeah,, dan 2 taun sudah gw di SMK PGRI... dan sekarang gw memasuki semester 7...

Gw smpet stuck and bored di STM.. I need such a new thing.. new challenge...

dan beberapa hari yang lalu, Pak Bejo, membicarakannya, memperjelas status gw.. I'd be the next teacher there... gw bakal bener2 jadi guru guys... tahun ajaran baru ini... gw bilang, Insyallah gw sanggup..
bagi gw, ini adalah amanat.. gw bakal coba lakuin dengan sepenuh hati dan usaha... moga2 gw bisa bagi waktu dengan baik.. coz... Semester 7 dan 8 juga berarti SKRIPSI..! Gw harus bisa.. langkah pertama adalah memotivasi diri sendiri bahwa gw bisa... :) yeah...

God... lead me the best way! I'll always try my best... I'm nothing without You.. thx for the great life.. great moment.. I'll never stop and stuck God...

and yeah.. It's all my life guys.. tepatnya kehidupan kerja or kuliah gw... kehidupan laen, maybe such a private story.. bakal gw ceritain di kesempatan lain aja...

anyway,, thx for reading...

2 comments:

  1. gimana sama jurusan yang lain, yang berpengaruh sama berakhirnya kerja sama ITS dan VEDC???
    apakah bkalan kena D.O???
    please..
    soalnya temenku ada yang masuk jurusan mesin,, trus skrng gr2 krja sma VEDC ITS itu berakhir,, kabarnya bkalan ada D.O... bner g?

    ReplyDelete
  2. wew... udah lama ITS VEDC bercerai,, hehe,, klo masalah itu bukan aq yang berhak ngejawab.. tapi setau aq kalo kuliahnya uda lama, dimana masih kerjasamanya ama ITS, masih tetep keluar ijazah ITS. sedangkan masalah DO, tiap nilainya (IP) ga memenuhi syarat, ya jelas di DO..

    ReplyDelete

@nieth_sweet