2020 in Review - Dear Life, Affection, Hope and all ever happen...

Thursday, December 31, 2020

2020 in Review

2020 sebentar lagi berakhir.. Berganti 2021..

Time flies.. Kayak baru kemarin 2020, sekarang udah di akhir Desember aja..

Marilah kita review.. what happened in a year,,

1. Pada akhirnya aku mengawali tahun 2020 di RSU. Pas tanggal 1 Januari. Aku inget banget, habis tahun baruan dengan keluarga.. Aku pun masuk ke IGD awalnya di Persada.. Lalu dirujuk ke RSSA. Sempat kutulis panjang di sini. Waktu itu aku udah pasrah, aku kira usiaku sampai disitu saja.. Ternyata Tuhan masih beri kesempatan.

2. Aku cuti sakit terlama sepanjang sejarahku bekerja. Terhitung dari Januari sampai Mei aku cuti. Juni aku mulai kerja lagi. Ke Surabaya. Dengan sistem kerja wfh wfo. Thanks to Covid for this..

3. Aku masih berobat rutin. Awalnya kontrol seminggu sekali. Lalu mulai Juni jadi sebulan sekali. Thanks God, krn ternyata ada infeksi di otakku. TB Otak. Bukan tumor otak. Jadi aku diobati saja. Nggak perlu operasi lagi. Waktu Januari lalu cuma operasi VP Shunt, mengurangi kelebihan produksi cairan di otakku. So, yeah sepanjang 2020 aku nggak lepas dari Dokter, Rumah Sakit, Obat.. Manusia berusaha Tuhan yang menentukan..

4. Sejak Juni aku berhenti kos di Keputih. Barang2 aku bawa pulang. Jadi pas kerja (wfo) aku PP naik KA.

5. Aku proses mutasi. Dari kantorku LLDIKTI 7 Surabaya ke P4TK BOE (VEDC) Malang. Masih sama di bawah Kemendikbud. Jadi sebelum aku operasi, November 2019 aku sudah apply ke VEDC. Mengajukan surat permohonan pindah kesana. Mencari Surat Lolos Butuh. Setelah sempat bertemu Pak Iksan, Kasubbag Kepegawaian di VEDC, yang mengatakan masih akan melihat Peta Jabatan. Lalu yasudah.. Saat aku habis operasi dan recovery di rumah, aku menerima kabar. Aku mendapatkan Lolos Butuh dari VEDC. Alhamdulillah..akhir Januari 2020. Lalu kemudian surat pun ke Kantor Surabaya. Dibantu dengan kebaikan mas Agung. Dikirim ke Malang. Dengan berkas2 kelengkapannya.. Maret aku antar lagi ke VEDC. Selanjutnya proses mutasi dilakukan oleh pihak VEDC. Dan Juni surat ke Biro SDM Kemendikbud Jakarta. Sampai saat ini memang belum ada kabar. Aku tunggu dan berdoa..

Aku yakin, Allah akan memberikan bila sudah waktunya. Sudah saatnya. Sabar saja..

Sambil menunggu, sambil tetap bekerja yang terbaik di kantor Surabaya. :-)

6. Aku senang, bisa punya banyak waktu untuk keluarga kecilku. Membersamai Raffa.. Mulai bulan April aku stay di rumah sendiri. Setelah sebelumnya pasca sakit aku tinggal di rumah orang tuaku. Alhamdulillah.. Aku mulai beraktivitas seperti biasa. Sedikit2, bertahap, pelan2.. Bulan puasa pun aku bisa ikut puasa. Minum obat karena cuma 1x sehari, aku minum saat malam.. Bulan puasa bisa full di rumah. Sahur buka bareng bojo. Masak2 bareng juga.. Tarawih di mushola perumahan. Something wow.. Mengingat dulu, aku menghabiskan Senin-Jumatku di Kos Surabaya. Sahur, Buka, Tarawih jauh dari keluarga. Bisa sama2 pas weekend aja.

7. Bisa ngopeni rumah setiap hari. Bisa masakin anak bojo tiap hari. Ini juga hal yang amat sangat aku syukuri. Karena wfh aku bisa begini.. Jadi yang namanya rumah itu bener2 ditinggali. nggak saat weekend aja macam dulu.. Alhamdulillah..

 8. Bersyukur.. Betapa aku memiliki keluarga yang luar biasa.. Yang ada dan mendukungku di saat2 gelapku.. Sungguh membuat terharu.. Terimakasih tak terhingga untuk semua..
Juga teman2 yang support.. Moril dan materiil.. Semoga Tuhan membalas semua kebaikan kalian semua.. 🤲🏻

9. Mengingat tahun 2019 Raffa opname 2x krn tipes, aku sangat bersyukur di tahun 2020 ini Raffa sehat.. Sakit paling panas, diare sekali, flu beberapa kali (bisa dihitung jari) semingguan paling lama.. Alhamdulillah.. Juga tahun ini dia sudah benar2 lepas pampers.. Walau kadang masih ngompol, tp jarang banget.. Yang masih belum konsisten itu pup di toilet. Masih suka pup di celana.. Iya masih belajar terus..

10. Join Komunitas LIKE (Lingkar Inspirasi Keluarga Edukatif) yang banyak memberi ilmu2 dan energi positif. Awalnya dari follow tulisan2 mbak Nana Padmosaputro. Belajar banyak soal parenting. Lalu ikut CCC (Chit Chat Chew), Zooming pertamaku dengan tema Living Minimalist. Lalu CCC kedua di tema Blended Family dan Step Parenting. Ditodong sharing pula oleh Queen Ric Erica 😆 Yowes jadilah narsum sharing kala itu.. Baru setelah itu aku join grup fb LIKE.. Belajar banyak banget di LIKE. Karena ilmu2 kehidupan nggak didapat di bangku sekolah kan.. Sangat bersyukur bisa ada di grup ini.. Bertemu dengan orang2 hebat, banyak belajar dari sharingan teman2 semua di LIKE, juga dari program CCC maupun INSPIRE.. Alhamdulillah..

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Well yeah.. Secara garis besar, itulah yang aku syukuri.. Hikmah terbesar dari Covid.. Bahwa saat PSBB, bisa banyak waktu dengan keluarga,, Membersamai mereka.. 24/7 dengan mereka..

It's so priceless.. Precious.. And all I can say now is.. Alhamdulillah.. Alhamdulillah.. Alhamdulillah.. Maka nikmat Allah manakah yang kau dustakan..

Memang 2020 sepertinya adalah tahun yang begitu keras, tapi juga banyak keajaiban..

Aku yakin tiap orang memiliki ransel mereka sendiri. Beban dan kesulitan sendiri.. Tapi dibalik semua itu pasti ada hal yang sangat bisa disyukuri..

Alhamdulillah untuk semua yang telah terlewati..

Dan semoga, tahun 2021 nanti, Covid hilang.. Bumi telah membaik.. Demikian pula dengan manusianya..

Harapan maupun cita2 yang tertunda di 2020 semoga dapat diraih di 2021 nanti.. 

Hope that 2021, would be nice, better and encouraging year..

Dan semoga cita2, harapan2 yang tertunda dapat diraih di 2021 nanti..

Bismillah.. Melangkah untuk 2021 yang lebih baik,, ^_^

Happy New Year ;-)

No comments:

@nieth_sweet