About My New Job - Dear Life, Affection, Hate and all ever happen...

Friday, September 11, 2015

About My New Job

Kebijakan Mutu Kopertis 7
Setelah satu bulan setengah (kurang lebihnya) pindah kerja di Kantor Kopertis Wilayah 7 Surabaya yang beralamat di Jl. Dr. Ir. H. Soekarno no 177 Surabaya, boleh lah ya review sedikit tentang pengalaman kerja dan tentang Instansi ini.. Walaupun mungkin masih newbie bangett ngett dan masih harus banyak belajar lagi.. :D
Sepertinya banyak juga yang belum mengenal, apa sih Kopertis? Sampai ada juga yang ngiranya itu Koperasi lho.. :))) hahahaha


So, what is Kopertis? Untuk yang berasal dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) mungkin sudah tidak asing. Kopertis adalah singkatan dari Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta.



Di Indonesia ini sekarang sudah ada 14 Kopertis. Dimana masing-masing membawahi PTS di Wilayah yang telah ditentukan. Untuk kantor baru aku, di Kopertis Wilayah 7, membawahi Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Jawa Timur.

Jadi, sering berurusan dengan PTS2 di area Jatim yang mungkin sedang ada keperluan di kantor Kopertis. Mulai dari masalah-masalah (konflik) di PTS/Yayasan, Pengajuan Proposal Bantuan (Hibah), Sertifikasi Dosen DPK, Workshop atau Seminar untuk PTS-PTS atau pun juga untuk Mahasiswanya, dan masih banyak kegiatan-kegiatan lainnya.
Ini narsis bareng teman cewek-cewek satu angkatan sehabis senam pagi di hari Jumat

And then, Kerjaan aku ngapain aja??


Kebetulan penempatan aku di Seksi Kelembagaan dan Kerjasama (Lekerma), beda emang sih dengan pas ngelamar di formasinya, waktu masih tes sampai pengumuman, info penempatannya di Seksi Sistem Informasi. Alasan dipindah di Sie Lekerma, karena butuh tenaga setelah ada yang pindah, pensiun dan ada pula yang meninggal..


Awal-awal kerja, masih meraba-raba banget, karena di Sie Lekerma sendiri, variasi pekerjaannya banyak bingits.. Awal-awal masih mempelajari aja, ada PTS mana aja sih yang ada di bawah Kopertis 7? Terus, ternyata banyak bangettt.. dan mulailah ngrekap data PTS 2015 dan dibandingkan dengan data 2014. Itu tugas pertama aku, yahh sambil mempelajari Direktori PTS-PTS di Wilayah Jatim ini juga..

Next project, sebetulnya buat buku Direktori PTS tahun 2015. Hemm,, tugas ini belum terselesaikan sepenuhnya.  Karena, sewaktu masih proses mengumpulkan data, sudah disibukkan dengan Kegiatan PP-PTS, semacam pemberian bantuan kepada PTS-PTS yang terpilih. Seleksi awalnya dimulai dengan pemeriksaan Proposal Masuk, Cek format penulisan proposal sekaligus kelengkapan lampiran-lampiran yang harus disertakan, seperti akta notaris (pendirian PTS), akta kumham, SK Ijin Prodi, dsb. Langkah kedua penilaian substansi oleh reviewer dari Dosen-dosen dari PTN yang dipilih.

Kegiatan ini cukup memakan waktu yang lama dan sampai harus lembur dikarenakan dateline..

Setelah pemenang ditentukan oleh reviewer, ada 70 PTS yang ber-hak menerima bantuan ini. Next, tim ULP yang kerja. Dikarenakan tim ULP hanya 4 orang, dengan deadline dan banyaknya pekerjaan, so kami dari Lekerma ikut turun tangan.. rekor banget, semingguan kita lembur2 sampai malam dan Sabtu harus masuk juga. :))) Kayaknya udah terlatih banget kalau masalah ini mah..
Candid by Mas Arif waktu bantu lembur bantu Tim ULP nyusun HPS
Sedikit dokumentasi beberapa kegiatan di sana.. :D

Panggung Peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus
Lomba Tumpeng per sub bagian, ini Tumpengnya Lekerma
Jujur, masih harus banyak belajar juga, semua hal yang dikerjakan di sini, boleh dibilang baru, walaupun secara teknis dan prakteknya nggak terlalu sulit juga untuk mengikuti,,


BTW, kami 9 anak baru alias CPNS administrasi di Kopertis 7 ini, kerja dari awal Agustus tanpa SK. Alhamdulillahnya, tanggal 8 September 2015, SK CPNS akhirnya turun juga.. Tetapi gaji kami belum bisa langsung turun karena masih harus mengajukan SPMT dan lain sebagainya.

Hanya berdoa semoga dilancarkan dan dimudahkan, karena kebutuhan sudah cukup menanti, termasuk untuk biaya hidup selama di Surabaya yang mengharuskan kos dan LDR ama suami.. Hiks.. ini lah yang paling bikin nyesek..

Awal-awal masih suka mewek gitu, cuman semakin kesini mulai membiasakan diri..Saling menjaga diri di saat jauh.. Banyak-banyak ibadah, dan terus komunikasi.. Itu yang penting..

So, itu dia cerita singkat about my new job.. Alhamdulillah, Maka nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan?

For my hubby,, semoga ada jalan untuk kita berdua kembali bersama-sama.. Aamiin..

2 comments:

  1. Semangat Bu Kerjanya !!
    Tetap Sabar...
    Dan Semoga Tambah Sukses...


    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih Dika... Kalau perlu bantuan jangan sungkan-sungkan..:D
      karena berbagi ilmu tidak harus melalui proses pembelajaran formal saja bukan.. ;)

      Delete

@nieth_sweet