Mencicipi Tes TKD CPNS ala Kemdikbud - Dear Life, Affection, Hate and all ever happen...

Monday, October 20, 2014

Mencicipi Tes TKD CPNS ala Kemdikbud

Hai guys.. Rasanya uda lamaaa banget gak cerita-cerita disini..
Selain karena laptop lagi ngadat, juga disibukkan dengan berbagai aktivitas sekolah seperti biasa. Banyak yang pengen ditulis sebenernya, tapi ya gitu, cuma berhenti di kepala, di memori ingatan.

Well, setelah tahun ini melihat-lihat informasi cpns di web panselnas, dan menunggu-nunggu formasi di daerah. Dan setelah di Kota Malang keluarnya formasi tidak bersahabat dengan apa yang saya miliki. Di Kabupaten Malang juga nggak keluar-keluar, akhirnya memutuskan, untuk mencoba formasi non guru.

Sebenernya, gak pengen banget lah banting setir dari dunia pendidikan alias teaching.. Karena mengajar itu sendiri sudah jadi bagian dari diri saya.. (cieh) Seperti apa yang pernah saya tulis di Curhatan Guru dan juga PNS atau bukan PNS.

Tapi, demi penasaran ingin mencoba seperti apa sih sistem tes cpns, seperti apa sih TKD dengan sistem CAT itu? Karena belum pernah tes cpns sejak tahun 2004 lalu waktu pake ijazah SMA (and have no idea about the test). Jadilah, browsing-browsing dan cari formasi yang paling mendekati kecocokan dengan ijazah S1 saya.

Berakhirlah dengan memilih formasi di Kopertis wilayah VII di Surabaya sebagai pranata komputer dengan kualifikasi pendidikan S1 Teknik Informatika. Proses pendaftaran di Panselnas pun dilakukan. Dan setelah 1x24 jam besoknya, melengkapi proses pendaftaran di halaman cpns.kemdikbud.go.id.

Ga ada beban apapun pas daftar, malah saya cuman becanda aja bilang sama teman-teman dan juga suami, udah g usah didoain diterima ya.. saya cuma pengen nyoba tesnya aja.. he he he..

Dan setelah beberapa minggu berlalu, pengumuman Tes Kemampuan Dasar (TKD) pun muncul di web kemdikbud. Teman saya yang pertama memberitahu, tes tanggal 7 Oktober 2014 di Universitas Negeri Malang, dilaksanakan ada 4 sesi dalam satu harinya. Setelah itupun saya buka sendiri informasinya dan mencatat jadwal saya sampai tibalah tanggal 7 Oktober itu.

Masih inget banget, karena Minggunya habis Idul Adha dan pulang ke rumah keluarga suami di Pasuruan, dan Senin juga masih acara Idul Adha di sekolah, alhasil keinginan untuk belajar terlupakan sudah.. x)

Tapi memang namanya sistem masih belum sempurna, karena kesalahan teknis pada server di Gedung Sastra UM yang katanya dari pusat, jadwal ujian sesi 1 yang jam 7 pagi pun molor juga jadi memulai tes jam 9.30. Alhasil saya yang mestinya ujian di sesi ke dua jam 9.30 dikatakan harus menunggu sampai jam 1 siang.

It's okay, saya sih easy going aja. Keluar bentar deh, cari ATM ama ke indomaret beli tissue dan snack buat cemilan. Sempet beli bakso juga di depan MAN 3 Malang. Setelah itu balik lagi ke depan lab tempat saya akan melaksanakan tes. Sambil menunggu lama, akhirnya coba browsing-browsing pake hp, materi-materi seputar TKD, terutama yang saya anggap kelemahan saya yaitu TWK.

FYI, mungkin buat teman-teman yang belum tahu seperti apa sih TKD itu, semoga informasi yang saya tulis ini ada gunanya. Jadi TKD itu terdiri dari 3 tes yaitu TKP (Tes Karakteristik Pribadi), kemudian TIU (Tes Intelegensia Umum) dan TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) yang suka diplesetin jadi TKW. hihihihi

Kita review satu persatu about this yes.. Informasi awal seperti di webnya menpan, total skor dari TKD ini adalah 500 bila kamu betul semua. Soal tes ada 100, jadi masing-masing soal punya skor 5.
  1. TKP (Tes Karakteristik Pribadi)
  2. Tes Karakteristik Pribadi ini tidak ada benar salah, tapi masing-masing jawaban dari yang baik sampai yang terbaik memiliki skor dari 1-5, jadi pilihlah yang terbaik. Contoh soalnya juga cukup mudah karena bila kita terbiasa di dunia kerja sehari-hari dan tahu apa yang sebaiknya kita lakukan untuk menghadapi situasi kerja tertentu, nilai kita disini pasti bisa tinggi.
    Ada 35 soal TKP, dan nilai maksimal adalah 175.
    Untuk bisa lolos TKD, passing grade dari TKP ini adalah 72% dari skor maksimal, jadi skor minimal untuk lolos TKD adalah 126.
  3. TIU (Tes Intelegensia Umum)
  4. Lebih suka menyebutnya Tes Logika yang hampir serupa dengan tes IQ. Jujur saya jadi ingat dengan soal-soal TPA (Tes Potensi Akademik) waktu ikut tes masuk program PPGT di akhir tahun 2012 yang lalu. Tapi soal hitungan matematika dasarnya tidak sebanyak seperti tes PPGT. Di TIU ini kita harus menyelesaikan soal sebanyak 30 dari yang soal logika saja maupun soal perhitungan. Jadi, gunakan waktu dengan baik, siapkan kertas buram lebih, dan yang pasti jangan terpaku pada satu soal bila cukup sulit, segera skip, dan kerjakan nanti di siswa waktu. Use your time wisely :)
    Untuk bisa lolos TKD, passing grade dari TKP ini adalah 50% dari total skor yang apabila betul semua adalah 150. Jadi cukup kantongi nilai 75 dari TIU untuk bisa lolos TKD ini. :)
  5. TWK (Tes Wawasan Kebangsaan)
  6. Tes Wawasan Kebangsaan ini untuk mempertanyakan, sebaik apakah kamu mengenal negaramu? Perjuangan bangsa Indonesia dari jaman sebelum merdeka, awal kemerdekaan, dan memungkinkan juga untuk isu-isu terkini dari negara kita. Well, mungkin tidak ada salahnya kalau kalian yang pengen ikut tes selain belajar soal-soal contoh TWK, juga rajin membaca sejarah Indonesia sekaligus berita-berita pemerintahan yang sekarang. TWK mungkin agak sulit untuk orang non IPS, orang teknik yang kadang males ngapalin, hihihi.
    Ada 35 soal TWK yang harus diselesaikan, dan passing gradenya cukup rendah dari yang lain. Cukup dapatkan skor 40% dari skor maksimal, artinya, kantongi saja nilai 70 dan anda sudah bisa lolos passing grade dari TWK ini.
Iya, tes TKD yang saya alami persis seperti itu. Dari teman kiri kanan saya, saya tidak tahu ada soal yang sama atau tidak, karena kabarnya sistem CAT CPNS 2014 ini memiliki bank soal sekitar 12000 dengan bobot yang sama, sehingga antara soal saya dan teman sekelas bisa jadi jauh berbeda isinya.

Tips berikutnya untuk mengerjakan TKD ini adalah, kerjakan berurutan dari soal no 1 sampai dengan 100, apabila ada yang sulit skip, tapi sekali lagi, satu persatu aja skipnya, jangan langsung loncat 20 nomor misalnya, karena dari pengalaman teman kiri kanan saya, mengalami error system ketika mereka melakukannya.

Menurut saya cukup seru tes TKD ini, mengasah otak dan juga menambah pengalaman untuk mengikuti tes-tes yang sejenis. Dan hasil skor yang saya peroleh untuk TKD pertama yang saya ikuti dengan sistem CAT adalah: TKP: 158, TIU: 105, TWK: 90.

Well, kalau dilihat sih, lolos ya dari passing gradenya, Tapi kalau lolos cpnsnya? Tunggu pengumuman selanjutnya deh. Yang jelas, saya sih tidak terlalu mengharapkan lolos ya, karena nilai saya juga tidak terlalu keren. Masih banyak yang lebih keren yang dapat skor 400 dan di atasnya. Wow. Mungkin kalau ada kesempatan lagi, bolehlah saya mencoba ikut tes cpns lagi sesuai apa yang saya inginkan. Jadi Guru RPL (Teknik Informatika). Dan dapat skor fantastis. aminnn... hihihi..

Bermimpi boleh kan?

3 comments:

  1. Ngga niat aja udah lewat PG, hebat nih mbak.

    Hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah,, kebetulan aja.. :D Mungkin karena nggak ada beban ya.. Tapi ada jg yang oke2 kok skornya.. tinggi2 juga.. :)

      Delete
  2. Assalamualaikum mohon maaf sebelum'nya kepada admin sedikit saya ingin lewat berbagi cerita bagi teman teman yang percaya lewat postingan ini tentang KISAH SUKSES saya jadi anggota PNS, alhamdulillah berkat bantuan bpk DR.HERMAN M.Si

    DIREKTUR APARATUR SIPIL NEGARA BKN PUSAT JKT, sekarang saya dan kaka saya sudah jadi PNS berkat bantuan beliau, nomor hp bpk Dr Herman 0853-2174-0123

    (KISAH NYATA LULUS PNS DI lingkungan PEMDA JAWA TIMUR )

    Kakak dan Saya 3 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku dan Dirinya saling memotivasi dan Akhirnya di tahun 2014 Berhasil

    Sampai sekarang PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Terbukti, setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag.

    Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.

    Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan teman-teman Semua,.

    Mohon maaf mengganggu waktunya saya cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR singkat dan semoga bermanfaat..... saya dan Kakak seorang honorer yang baru saja lulus jadi PNS tahun 2014 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya kami ini cuma seorang Honorer di Salah satu Instansi Pemda di provensi JAWA TIMUR tepatnya KOTA MADIUM dan Kakak Saya di Instansi Pemerintahan di Kantor BUPATI DI JAWA TIMUR, Saya Sudah 8 tahun dan Kakak Saya 10 tahun jadi tenaga honorer belum diangkat jadi PNS, Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol, sayapun sempat putus asah, kemudian teman saya memberikan no tlp Bpk Dr. HERMAN M.si hp: 0853-2174-0123 beliau selaku (Direktur aparatur sipil negara) di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, dua minggu kemudian saya sudah ada panggilan untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar, dan saya sangat berterimah kasih kepada beliau yang sudah mau membantu saya. itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa hubungi Bpk Dr. Herman M.si no hp Beliau 0853-2174-0123, siapa tau beliau masih mau membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan.

    ReplyDelete

@nieth_sweet