Ujian Kompetensi Kejuruan di SMK - Dear Life, Affection, Hate and all ever happen...

Sunday, March 23, 2014

Ujian Kompetensi Kejuruan di SMK

Istilah UKK (Ujian Kompetensi Keahlian) atau lebih familiar disebut dengan Ujian Praktek Kejuruan di SMK merupakan agenda final tahunan sebelum Ujian (Teori) Nasional.

UKK sendiri sebenarnya adalah Ujian Praktek Nasional yang dilaksanakan oleh sekolah bekerjasama dengan Institusi Pasangan, DU/DI (Dunia Usaha/Dunia Industri). Kurang lebih sebulan menjelang pelaksanaan UKK, soal-soal telah diupload oleh DitPSMK (Direktorat Pembinaan SMK) di www.ditpsmk.net

Dulu sempat bertanya-tanya, kenapa soal diupload? Bukankah siswa pun jadi bebas men-download dan mengetahui soal ujian sebelum Hari H pelaksanaan ujian?

Ya, dan memang sengaja supaya siswa dapat mempersiapkan diri dalam ujian praktek. Toh, dalam pelaksanaan praktikum kemampuan siswa secara individual pasti akan benar-benar nampak, mana yang bisa dan mana yang kurang bisa. Sebagai guru pengajar dari siswa-siswi, kita juga akan lebih tahu sampai di mana 'keberhasilan' kita dalam melakukan transfer ilmu.

UKK memang menjadi suatu hal yang penting, karena nilai dari UKK ini akan mempengaruhi kelulusan siswa SMK. Nilai Kejuruan diambil 70% dari UKK dan 30% dari Teori Kejuruan yang dilaksanakan bersamaan dengan Ujian Nasional Utama (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika).

Tidak heran jika sebelum pelaksanaan UKK, pastinya siswa diberikan pemantapan dan latihan intensif menjelang pelaksanaan UKK. Bahkan, bila perlu dilaksanakan Pra-UKK, yaitu Gladi Bersih pelaksanaan UKK, dengan hanya penguji internal, supaya siswa tidak kaget ketika melaksanakan UKK yang sebenarnya.

Well, secara khusus saya ingin membahas UKK di Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Di sekolah tempat saya mengajar, ada 4 kompetensi keahlian yang tahun 2014 ini melaksanakan UKK, yaitu Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Elektronika Industri (TEI), Teknik Otomasi Industri (TOI) dan Rekayasa Perangkat Lunak ( RPL) tentunya..

Mengamati pelaksanaan UKK tahun ini, pada jurusan yang saya pegang adalah yang paling memakan biaya sedikit.. ha ha..
Karena pelaksanaan UKK RPL hanya membutuhkan PC dan jaringan, yang tentunya sarana sudah lengkap tinggal setting ulang saja (persiapan), maka dibandingkan dengan jurusan lain, RPL tidak menghabiskan banyak dana..

Selain install ulang semua PC.. Kita hanya perlu membeli beberapa peralatan kebersihan dan mengganti mouse keyboard yang rusak saja..

Nah.. untuk pelaksanaan.. satu kelas masing-masing mendapat jatah 2 hari, dalam 1 hari ada 12 jam mapel (1 jam mapel = 45 menit). Masuk jam 7.30 sampai dengan jam 16.00.

Sifat dari UKK adalah praktek individual. Di mana siswa harus mempertanggungjawabkan apa yang sudah dipelajari selama 3 tahun berada di sekolah, khususnya pada kompetensi keahlian yang diambil.

Bagi saya pribadi, melihat kemampuan siswa dan siswi di SMK ini, sudah cukup baik untuk usianya. Terlebih bagi sekolah swasta yang notabene berasal dari siswa dengan kemampuan yang rata-rata berada di bawah sekolah negeri. Akan tetapi ada beberapa siswa yang unggul dan menghasilkan karya yang baik. Mulai dari segi desain dan juga programmingnya.

Proses Mengerjakan Ujian Kompetensi Kejuruan RPL dari 0 di sekolah

Penguji Eksternal melakuan penilaian setelah hasil UKK diupload oleh peserta UKK di webserver lokal sekolah

Keseriusan para siswa dalam mengerjakan praktek UKK
Penguji pun cukup puas dengan hasil pekerjaan para siswa dan tidak lupa memberikan saran kepada siswa dan siswi apabila ingin menekuni dunia programming maka harus belajar sendiri dan lebih banyak berlatih lagi, karena perkembangan IT sangatlah cepat.

Untuk SMK, masih disarankan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, karena ilmu yang diperoleh di SMK masih kurang spesifik dan kurang fokus. Terlalu banyak mata pelajaran wajib, yang meliputi normatif dan adaptif.

Well.. sukses untuk UKK 2014 ini.. semoga siswa siswi ilmunya bermanfaat dan juga dapat melanjutkan pendidikan maupun bekerja di tempat yang memadai nanti setelah lulus.

Tidak terasa,, sudah tahun ke 5 saya secara resmi mengajar di sekolah ini dan meluluskan jurusan RPL ini.. yang ke 5 ini pula..

Success for you all guys..

No comments:

@nieth_sweet