Sepenggal Kisah Lalu - Dear Life, Affection, Hate and all ever happen...

Friday, May 27, 2011

Sepenggal Kisah Lalu

So... apa yang membuat gw jadi terinspirasi dan jadi pengen nulis di pagi yang cerah ini.. di Jumat pagi, dimana biasanya gw bermalas2an sambil nonton gosip2 di tv.. hadeh.. *g penting tp tetep aja dilakonin.. haha...

semalem, seorang sahabat mengirimkan sebuah sms yang berisi pertanyaan kepada gw.. smsnya gini,,
##"Nit, gimana km bisa bangkit dari perceraian ortu kamu?"
sejenak gw tertegun.. dan terdiam.. seolah hal itu g pernah terjadi di hidup gw,, ah.. what can I say?? akhirnya gw bales..
**"I dunno.. waktu itu aq masih kecil.. just let it flow... Emang ortu mbak cerai?? whats..??"
##"Enggak lah, Naudzubillah.."

Dan ternyata.. dia sepertinya sedang menangani sebuah kasus atau mungkin jg muridnya, yang pada saat ini ortunya sedang cerai.. Sepertinya dia juga melihat bahwa banyak banget anak2 korban perceraian orang tua yang pada akirnya jadi nakal,keras kepala, menyia2kan hidupnya, dan laen sebagainya dengan alasan perpisahan orang tuanya.. hemm....
Dia juga sempet nanya gini, "kamu dendam nit ama bapak kamu??"
gw cuma bisa ketawa... dan gw jawab "Enggak, gimanapun dia orang tua aq.. lagian sebab cerai jg bukan 100% dari bapakku.."
dia seolah tertegun dan akhirnya cm bisa bilang "Kok bisa ya.."

Dia jg bilang kalo gw adalah contoh orang yang sukses, sekalipun gw berasal dari keluarga broken home.. Bukan bermaksud nyombong seh,, gw sendiri g pernah sadar akan hal itu, sampe temen gw sms kmaren.. yah.. gw cuma bisa bilang.. Alhamdulillah.. Tapi gw jg yakin, banyak orang2 di luar sana yang jauh lebih sukses dari gw dengan kasus yang mungkin hampir sama bahkan lebih buruk..

well.. akhirnya disinilah, gw sekarang..  berusaha berbagi sedikit tentang uneg2 yang ada di kepala.. (jujur dari kmaren2 pengen banget nulisin apa yang ada di otak... cuman malesnya minta ampun dahh... haha :D )

See... Banyak sekali kasus perceraian, kekerasan dalam rumah tangga, dan mungkin juga perselingkuhan,, -jadi g cuman cerai- yang bisa menjadikan anak keluar kendali, dan menyalahkan keadaan, yang terjadi di sekitarnya..

akhirnya gw inget2 lagi masa kecil gw.. gimana gw bisa melalui masa itu tanpa Ibu kandung gw.. sejak gw umur 3 or 4 taun... ayah ibu gw cerai.. hak asuh dimiliki ayah.. dan ibu dipulangkan ke Lumajang.. dulu sesekali gw liburan kesana, atau sebaliknya Ibu yang ke Malang.. tapi karena berbagai hal, yang mungkin g bisa gw critain disini, gw ama kakak gw g pernah lagi ketemu Ibu sampai pada akhirnya, gw lulus sekolah... SMA.. saat itu Ayah gw udah nikah lagi dengan Ibu baru gw yang pada akhirnya gw jadi punya 2 adik dari Ibu gw, dari alm. suami Ibu baru gw,, jadi g satu ayah..
saat itu gw ama kakak gw ngunjungin mama ke Lumajang.. ahh.... kita bener2 yang nangis2an banget waktu ketemu... begitu banyak waktu yang telah gw sia2kan.. gw sangat ngerasa bersalah ama mama gw..

Gw pikir, gw masih beruntung.. sekalipun g ada mama yang mendampingi gw waktu gw kecil, tapi gw punya Eyang putri ama Eyang Kakung yang selalu ada buat gw.. yang juga menjadi sosok Ibu dan Ayah buat gw.. Makasih buat semua kasih sayangnya... semoga Eyang mendapat tempat yang indah di Surga kelak.. amin..

dan ketika Eyang Putri meninggal, waktu itu gw masih kelas 3 SMP, gw bener2 seperti kehilangan hal yang paling berharga dalam hidup gw.. itu smua sangat menyakitkan.. tapi dari situlah gw belajar lebih menghargai sebuah kehidupan.. kita ga akan pernah tau, sampai kapan kita ada di dunia yang fana ini..

setahun setelah Eyang meninggal, Ayah gw akhirnya menikah lagi.. bukan hal yang mudah memang, menerima sosok Ibu baru dalam kehidupan gw, awalnya semuanya terasa begitu baik, indah.. tapi perbedaan cara hidup, pola pikir, yah namanya jg manusia, itu semua juga bisa jadi masalah.. adaptasi terus menerus kita lakukan, mencoba saling mengerti satu sama lain, walau kadang sakit di sini dan di sana.. tapi syukurlah.. sampai sekarang semua bisa berjalan dengan baik.. Terimakasih juga buat Ibu, yang udah jadi sumber kebahagiaan ayah.. gw sadar, gw g boleh egois.. ayah gw jg butuh seorang pendamping setelah sekian lama sendiri...

So.. beberapa hal yang mungkin bisa gw bagi bwat kalian yang mungkin mengalami hal yang sama dengan gw, atau mungkin lebih parah.. haha....
sebetulnya smua permasalahan, balik lagi ke mindset atau pola pikir kita.. gimana kita harus menyikapi sebuah permasalah tersebut,, hidup itu pilihan guys.. gw yakin , di setiap hal, kita pasti akan dihadapkan akan sebuah ataupun beberapa pilihan,, pilihan itu bisa mudah, bisa jg sulit.. kitalah yang memutuskan akan menjadi apa diri kita.. mau memilih jalan kebaikan atau terus terpuruk dalam keputusasaan..

Gw jg pernah mengalami down.. semua orang pasti pernah.. tapi gimana kita bisa bangkit dan berdiri dari keterpurukan itulah yang akan membuat kita menjadi lebih kuat.. percayalah guys.. semua orang mempunyai sisi baik dalam hatinya.. dengerin hati kecil kalian yang paling dalam.. itulah bisikan kebaikan.. yaa.. mungkin kalian sering mengabaikannya.. karena terlalu kalah dengan emosi yang udah terlampau memuncak.. itu sangat manusiawi, gw sendiri pernah lah mengalaminya,, gw bukan malaikat.. haha.. tapi seiring berjalannya waktu, kita pasti bisa flashback, berpikir lebih bijak, dan kemudian ikutilah kata hati yang paling dalam itu.. Insyaallah.. Tuhan selalu bersama orang2 yang benar.. Dan pada akhirnya kita bisa melangkah dengan indah.. apapun yang terjadi di dalam samudra kehidupan kita...

Jangan sampai kalian kehilangan pegangan hidup kalian.. Apapun yang terjadi, tetaplah berpositive thinking kepada-Nya..
Jangan sedih terus, kecewa, menyalahkan keadaan.. marah.. mungkin boleh, emosi2 itu kalian biarkan, sesaat.. tapi jangan sampai terlarut terlalu lama di dalamnya... Tetap semangat... milikilah mimpi2 yang indah.. dan bekerjalah dengan ikhlas untuk mencapai cita, cinta dan harapan2 kalian... Percayalah akan kebaikan Tuhan..

Sayangilah juga orang tua kalian.. mungkin sekalipun mereka berpisah, sebenarnya itu adalah pilihan yang terberat yang mereka lakukan.. Dan ingatlah selalu.. tidak akan pernah ada mantan Ayah, mantan Ibu, maupun mantan anak.. sekalipun ada mantan istri, mantan suami, mantan pacar,,
Tetaplah hargai orang tua kalian, terutama Ibu, yang sudah mengandungmu selama 9 bulan, mempertaruhkan hidupnya.. sayangilah mereka..

Hidup ini indah kok... ^^ Saran juga dari gw, kalo lagi sedih, inget2 anak2 jalanan yang g punya rumah, orang2 tua yang ada di pinggir jalan yang g punya tempat berteduh.. kalian pasti bisa lebih mensyukuri hidup.. kalian jauh lebih beruntung dari mereka... Insyaallah..

Fight for your future guys... :) Be strong...

9 comments:

  1. heheheheeee.... yups jalani hidup dengan berfikir positif guys.... niscaya senyuman tak kan hilang dari hidupmu, meski kadang tersenyum itu pahit percayalah pasti indah pada waktunya......

    ReplyDelete
  2. ga sengaja airmataku mengalir baca tulisanmu bukan krn kasihan tp krn ak melihat km begitu tegar, dewasa,semangat jd tbh salut ma km,thanks ak byk belajar dari km, bner bgt ga perlu qt mencari kesalahan dari ortu qt gmn cra qt utk mejd org yg lbh baik dari hari kehari gmn cra qt mampu mengambil hikmah dari semua it.lila

    ReplyDelete
  3. hehehe... thx mbak... ^^ makasih juga udah mo baca.. :D

    ReplyDelete
  4. sip... Q salut ma pean Nit!
    q akhirnya nemu pncerahan setelah baca story Ninit, klo boleh dibilang sih masalah q ringan, g seperti Ninit yg berat (mnrt q). Tp well, life must go on. seperti yg pean bilang, semua tergantung pada pola pikir kita masing-masing, bagaimana kita menyikapi semua masalah yg terjadi di keluarga kita..

    thx buat sharing story nya.. :)
    Razet Butuh Bantuan

    ReplyDelete
  5. aq bc critamu,b***.....spechless,i can say nothing....km hebat bgt,,,ga isa bygin gmn kalo aq yg jd km,,,forgive me vo all....i wanna say sumthing 'as usual' but u know gag mgkin aq tuliz dsni....hehehe


    -u know who am i-

    ReplyDelete
  6. Thank you.. yes.. I always know u from ur language,, haha..

    ReplyDelete
  7. tetep semngat ya kya lagunya
    kakak aq bondan prakoso hehehe

    ReplyDelete

@nieth_sweet