Asyiknya Media Sosial - Dear Life, Affection, Hate and all ever happen...

Friday, October 22, 2010

Asyiknya Media Sosial

Media Sosial? apaan sih? yeah, mungkin sebagian besar dari kita sebenernya udah pada ngerti yang namanya media sosial, cuman gag ngerti aja kalo namanya Media Sosial.
Media Sosial tuh bisa diartikan sebuah ajang atau wadah bersosialisasi yang g terbatas ruang dan waktu. Kenapa g terbatas ruang dan waktu? karena di era informasi ini, dengan segala kecanggihan teknologi, Mobile Device, Layanan Operator 3G, WIFI, dan sebagainya telah membuat komunikasi menjadi lebih berwarna.

Contoh yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia yang udah melek teknologi dan internet yaitu Facebook, Twitter, Friendster (dulu), Plurk, Koprol, Youtube, 4square, blogger, Wiki, kaskus dan laen2..

Dengan media-media dimana kita udah tinggal pake aja secara gratis (paling cuma bayar koneksi internet), banyak banget manfaat yang bisa diambil dari situ.
Dari hasil pengamatan gw kepada teman2 dan juga keluarga gw, dengan adanya Facebook, bisa lebih mudah keep in touch selalu, tahu kabar terbaru dari orang-orang yang kita sayang, bisa liat foto-foto yang paling update walaupun lama gak ketemu karena jarak yang memisahkan. Ditambah banyak banget aplikasi-aplikasi yang juga bisa digunakan di Facebook. Bisa maen game, bisa chat, bisa nyobain quiz, bahkan buat quiz, bisa posting note, bisa ngadain event dan invite untuk sebuah acara, bisa bikin halaman fan page dan laen sebagainya..

Sedangkan Twitter, situs MicroBlogging yang paling populer sekarang ini juga memberikan terobosan baru untuk komunikasi. walaupun kalo menurut gw, sekarang ini Twitter udah mulai bergeser fungsi dari jurnal onlen lebih ke curcol onlen... (capek deh) karena banyak yang pasang status gak jelas dan kadang di reply oleh pengguna twitter laen dengan komen2 yang ga nyambung dan ga serius juga..

but, at least.. dengan banyaknya pengguna twitter, terutama di kalangan artis dan musikus Indonesia, kita jadi lebih bisa mengikuti perkembangan langsung dari para artis melalui account twitter mereka.. Apa yang sedang mereka kerjakan, lagi dimana mereka, walaupun gak semuanya mengupdate timeline twitter mereka dengan 'benar'. :D

Ada juga Plurk, yang dibuat dengan konsep sama seperti twitter dengan perbedaannya, pada Plurk menggunakan javascript yang cukup berat kadang ketika dibuka di browser, kemudian dia juga menyediakan reward bagi user plurk yang sering online dan nge-Plurk dengan sistem karma.  Semakin banyak karma yang didapat, user bisa melakukan lebih banyak hal seperti mengganti nick name, menggunakan emoticon2 yang lucu-lucu, dan mendapat pin/badge sesuai peringkat karmanya. Bila sudah mencapai karma 81 maka disebut meraih plurk Nirvana dan Karma maksimal (ga bisa naek lagi) yaitu 100...

One more application.... akhir2 ini gw suka pake Foursquare.. walaupun gak setiap kali gw pergi ke suatu tempat kemudian gw update foursquare gw.. tapi aplikasi ini cukup asyik.. cocok banget buat yang suka travelling... dengan konsep, check in and tell us where you are, foursquare juga udah cukup berhasil menarik minat para pengguna. Yang lebih cool lage, dia bisa dikonekkan dengan Facebook, jadi setelah login di Foursquare dan check in at a venue, bisa langsung muncul di halaman Facebook kita... ada gambar peta lokasi juga dimana kita sedang berada...

Foursquare cukup keren untuk para traveller, dimana kita juga bisa search venue.. seandainya kita ga tau tempat itu dimana, at least, ada alamat dan juga peta yang bisa dijadiin petunjuk..
Cuman, kadang, karena venue itu sendiri bisa di add oleh banyak user, jadi bisa jadi ada 2 atau lebih venue dengan nama yang sama... ada yang bener petanya kadang ada yang enggak..
but, so far.. I like this application.. thx 4 the founder.. kapan yah gw bisa bikin yang kayak gitu?? hagagaggagaa...

And then, blog... yang pertama dipopulerkan oleh Blogger dan kemudian mendapat saingan cukup tangguh dari Wordpress..
sebenernya.. sejak adanya microblogging macam twitter dan plurk, kadang orang jadi males nulis panjang2.. apalagi kalo blog-nya emang cuman diisi kegiatan sehari2 aja...  tapi.. sebenernya blog sendiri itu banyak manfaatnya.. banyak juga orang-orang yang berhasil memanfaatkan blog untuk mendulang rupiah dari internet,, misalnya blognya dipake bisnis atau bisa juga blognya dipasangin iklan2 dari Google Adsense dan laen sebagainya..

Kalo gw.. masih berusaha berbagi ilmu, berbagi tulisan (walaupun g semua tulisan di blog ini murni postingan dari gw) dan mudah2an suatu hari bisa ngehasilin duit dari internet, amin..

Well.. Masih banyak media sosial laennya yang bisa dieksplorasi di dunia maya ini... Banyak hal positif yang bisa didapetin..

Kebetulan gw ada di dunia pendidikan.. gw sebagai seorang pengajar dan pendidik, inginnya melakukan share segala informasi melalui dunia maya ini..

murid-murid gw kebanyakan juga udah pada ngerti Facebook, cuman sayangnya.. apa yang mereka lakukan di Facebook masih sekedar bersosialisasi, nge-game aja dan ber-HAHA HIHI. masih sedikit yang punya keinginan untuk berbagi ilmu melalui media sosial ini.

Disinilah pentingnya peran guru dalam mengarahkan siswa siswinya.. supaya bisa lebih bijak dalam memanfaatkan teknologi.

Bahkan, penggunaan media sosial, ga cuman FB atau twitter, pun kadang banyak menimbulkan dampak negatif buat penggunanya.
Beberapa kasus siswi hilang setelah janjian kopi darat dengan pengguna Facebook laen udah sering terdengar..
Banyak siswa/siswi yang jadi suka ngehabisin waktunya cuman buat gosip aja pake BB (yang notabene masih dibeliin ortu), dimana BB menawarkan aplikasi-aplikasi untuk Twitter, FB dll sehingga bisa onlen anytime anywhere..
kurangnya kepekaan sosial pada generasi era informasi, kalo udah asik haha hihi dengan dunia maya, kadang suka gak ngerti kalo di depannya ada orang yang lagi susah..

So... what's the conclusion?

Semua hal di dunia ini, pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, sisi positif maupun negatif, karena tiada yang sempurna di semesta ini.. Tinggal bagaimana kita menyikapi dan berlaku bijak dalam segala hal.. Menyaring dan memilah.. tidak langsung asal pakai saja..

Kemudahan-kemudahan di era informasi ini dan dengan adanya media sosial.. sebagai generasi muda yang pintar, cerdas, dan berpikir ke depan.. mari kita manfaatkan kemudahan-kemudahan teknologi ini dengan pintar. Tidak hanya sekedar untuk bersosialisasi dan memperluas network, akan tetapi, untuk memajukan pendidikan bangsa, untuk berbagi ilmu dengan sesama dan bila mungkin untuk memperkuat perekonomian bangsa.

Mari kita wujudkan bersama, salam satu jiwa.. (Arema) Indonesia..

No comments:

@nieth_sweet