TENTANG ONLINE SYSTEM - Dear Life, Affection, Hope and all ever happen...

Friday, October 18, 2019

TENTANG ONLINE SYSTEM

Tulisan ini sudah pernah publish juga di FB aku, tanggal 8 April 2019 lalu. Publish jg disini ;-)
Online System
Waktu masih kuliah IT, sudah akrab dengan sistem ujian online, dimana waktu itu kami mendapatkan CCNA dan ITE, Cisco Academy..
Lalu saat kuliah mendapat wejangan dari salah satu Bpk Dosen, Pak Eko Subiyantoro, untuk memilih satu bahasa programming yg plg disukai dan be an expert on it, lalu bs dijadikan Tugas Akhir aka skripsi. Karena you know lah klo kuliah IT kita belajar banyak banget bahasa pemrograman, desktop and web, jg database.. Untuk database sih basicly hampir sama lah SQL language..
Sejak awal kenal web programming emang tertarik untuk bisa bikin sesuatu.. Sehingga berawal dari bikinin web pertama untuk sekolah tempat aku kerja dan kuliah, akhirnya skripsi pun buat Sistem Ujian Online, tp waktu itu semacam Ujian Try Out UN saja utk anak SMK, khususnya anak RPL waktu itu. Diujicobakan ke murid2 sendiri untuk trial dan eror, kemudian evaluasi. 😄 Jauh sebelum ada wacana untuk UNBK yg sekarang sudah berlangsung sejak 2018 lalu dan sudah terlaksana di 90% SMA/SMK.
Well, kebijakan ujian online ini keren menurut aku ya, karena you know berapa banyak biaya yang bisa dihemat untuk bermacam2 hal? Cetak soal, distribusi soal, koreksi. Gak cuma biaya, tp hemat waktu jg. Juga soal transparansi. Minim human eror yg terjadi saat koreksi manual. 😊
Online system memang sebuah terobosan efektif dan efisien. Cuma harus kenceng aja securitynya.
Dan semakin mendekati pemilu 2019 yang tercatat untuk pertama kalinya bersamaan untuk Presiden dan Legislatif dimana nanti kita masing2 orang bakal dapat 5 kertas suara dan yang pasti biayanya tidak sedikit, tetiba terfikirkan, bagaimana jika suatu hari nanti di negeri ini bisa Pemilu berbasis online juga.. Seperti yang telah dilakukan di luar negeri..
Bisa kita perkirakan berapa biaya yang bisa dipangkas mulai dari kertas suara, perhitungan yg sdh otomatis jadi lebih cepat, dsb.
Tentu sangat perlu profesional yang berintegritas untuk mendukung semua itu.
Bukan tidak mungkin bila satu atau dua dekade lagi bisa terjadi.. Setelah infrastruktur mulai merata dari sabang sampai merauke..
Untuk security yang harus super tentunya mungkin bisa minta bantuan ahlinya, Bang Jim Geovedy..
*Ditulis dalam perjalanan Senin pagi Singosari - Surabaya 😴

2 comments:

@nieth_sweet