Laskar Pelan9i, a musT read boOk.. - Dear Life, Affection, Hope and all ever happen...

Wednesday, July 16, 2008

Laskar Pelan9i, a musT read boOk..

dah lama banget pengen posting tentang buku ini, sejak gw finish bacanya,,
Andrea Hirata's book, isinya penuh dengan makna.. ;)

Gaya bahasa yang penuh dengan SAINS juga menghiasi cerita tentang masa kecilnya.

mungkin akan sedikit bingung waktu membacanya, tapi hal itu tidak mengurangi keindahan dari cerita yang disampaikan. Malah jadi terkesan lebih unik..

Bwat yang udah pernah baca, mungkin udah bener2 paham maksud gw.. :p

Persahabatan yang indah, perjuangan menuntut ilmu, di segala keterbatasan ekonomi, keikhlasan guru2 pengajar, cinta pertama.. semuanya bisa membuat Qta tertawa, menangis dan terharu disaat yang bersamaan..

Sense of feelingnya, ketika gw pertama kali baca neh buku, di bab 1, tentang penerimaan siswa baru di sd muhammadiyah, yang bener2 sekolah miskin, dan bila muridnya ga nyampe 10 orang bakalan dibubarin sekolahnya.. waktu itu dah ngumpul 9 orang, dan semua orang tua murid udah deg-degan aja, dah panas dingin, antara jadi menyekolahkan anaknya, atau harus pulang, karena sekolah dibubarin. Dan terpaksa anak2 pun mengikuti jejak orang tuanya menjadi kuli..

Tapi keajaiban itu ada, dan lengkaplah akhirnya jumlah siswa menjadi 10 orang, dengan 1 orang perempuan satu-satunya,, Sahara..

gw nangis bombay saking terharu baca bab I neh,, :) betapa,, Qta harus bersyukur,, seperti apapun keadaan Qta sekarang..

di buku ini terlukis, how the education can be so hard to get.. harus mengorbankan banyak hal, yang justru, semakin membuat mereka bersemangat, pantang menyerah, dan menghargai ilmu..

sosok yang paling gw suka disini adalah Lintang, yang sangat2 jenius.. klo emang ada orang seperti dy, g seharusnya dy putus sekolah.. seharusnya pemerintah mendukungnya.. gw nangis lage di episode, ketika Lintang harus putus sekolah karena ayahnya meninggal dan g ada yang menafkahi keluarga,, gak seharusnya dy putus sekolah,,, dy bisa jadi Habibie, dy bisa jadi tokoh pendidikan bangsa yang membanggakan..

That's why,, gw sediiih.. bangeT.. kenapa, ada orang yang bisa dengan enak sekolah, tapi nyia2in sekolah, ataw ilmu yang dy dapet..
masih aja bolos,, masih aja berani ma orang tua,, masih aneh2 aja kelakuannya..

no matter where u're school,, but the most important thing is ur mind,,

klo pun skolah di skolah terbaik, klo pada dirinya sendiri g ada motivasi ataw kepribadian yang kuat, dengan gampang terseret ke arus2 negatif yang ada di lingkungannya..

Laskar Pelangi, juga menyertakan kisah persahabatan yang indah,, teman sejati yang saling mengerti dan saling mendukung di saat2 susah, dan berbagi di saat gembira... Banyak manfaat2 yang bisa didapet dari buku ini, selain wawasan tentunya,,

Lebih asyik lah klo kalian baca sendiri neh bukunya,, gw jg lagi nyari yang Sang Pemimpi neh, lanjutan cerita dari Laskar Pelangi...

kisah yang inspiratif kaya gini menurut gw dibutuhin masyarakat,, ga cuma content porn aja yang digede2in,,

Menurut aQ,, dan banyak orang laen juga bilang,, klo Laskar Pelangi,, is a must read book.. ;) trust me.. :)

2 comments:

  1. hmmm....

    sepertinya keren mbak bukunya, aku udah pegang tuh buku tapi pas kuliah bulan juni lalu anak2 tau klo aku bawa buku itu... yah langsung aja serta merta mereka minta... hehehehe

    *pinjam dong da*


    padahal tuh buku bukan punya q :D ida bawa hasil pinjam juga :))

    yawes nanti ida akan baca bukunya, doain yah mbak supaya anak2 cepet balikin hehehe

    ReplyDelete
  2. hehehe,, top bgT, a must read book.. :) aQ neh lagi maw baca seri ke-2 nya, Sang Pemimpi, ntar klo udah selesai aQ ceritain jg disini.. ;)

    ReplyDelete

@nieth_sweet